Selasa, 02 Januari 2018

Libur Nataru, Jumlah Penumpang di Bandara Juanda Meningkat 11 Persen

SURABAYA – Masyarakat yang melakukan perjalanan liburan selama masa Natal dan Tahun Baru kemarin melalui Bandara Internasional Juanda meningkat secara signifikan. Bandara yang secara administratif berada di wilayah Kabupaten Sidoarjo tersebut total telah melayani 797.605 penumpang untuk periode tanggal 18 Desember sampai 29 Desember 2017, atau meningkat 11,6 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Pada Senin (1/1) kemarin, jumlah penumpang juga tampak masih menumpuk di Bandara Juanda. Pasalnya, ada sekitar 98 penerbangan yang mengalami keterlambatan atau delay. Dalam satu hari, lebih dari separuh layanan penerbangan mengalami keterlambatan. Penundaan penerbangan ini karena begitu padatnya traffic penerbangan.

“Kami masih mencatat jumlah persis penerbangan yang mengalami delay hingga sore,” ujar Humas PT Angkasa Pura I Bandara Juanda, Febrian Prayoga, kemarin. “Namun, kami sudah siap mengantisipasi jika delay berkepanjangan. Semua ruang tunggu sudah kami siapkan untuk menampung penumpang, termasuk Gate 11 dan Gate 12 untuk umrah yang kami alihkan untuk penumpang libur Natal dan Tahun Baru.”

Dari catatan Febrian, total ada 208 penerbangan di kedatangan Bandara Juanda, baik di Terminal 1 maupun Terminal 2. Dari total penerbangan ini, sebanyak 98 mengalami delay, sedangkan 110 penerbangan lainnya dinyatakan on time performance, atau sekitar 52,88 persen. “Tidak ada pembatalan penerbangan di kedatangan maupun di keberangkatan,” sambung Febrian.

Untuk memperlancar kelancaran arus penumpang, pihak PT Angkasa Pura I sendiri telah menyiapkan Posko Natal dan Tahun Baru 2018 yang telah dibuka sejak 18 Desember lalu hingga 8 Januari mendatang. Posko ini melibatkan mitra kerja perusahaan seperti Otoritas Bandara Wilayah III Juanda, TNI, Airnav, Kepolisian, Kesehatan Pelabuhan, dan lain-lain.

“Posko bandara ini terus berkoordinasi secara rutin dengan Kementerian Perhubungan untuk kelancaran angkutan Natal dan Tahun Baru 2018,” timpal General Manager Bandara Internasional Juanda, Heru Prasetyo. “Diharapkan, dengan adanya Posko ini, penumpang dapat lebih mudah mendapatkan informasi seputar pelayanan dan penerbangan.”