Rabu, 03 Januari 2018

Gerai J.CO Donuts di Bandara Juanda Surabaya, Ada Nggak?

Bandara Juanda merupakan salah satu pelabuhan udara modern yang tidak hanya melayani penerbangan domestik, melainkan juga rute internasional. Karena itu, tidak mengherankan jika bandara yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo tersebut telah didukung fasilitas yang mentereng, salah satunya restoran atau tempat makan. Ada beberapa tempat makan menarik yang tersedia di bandara ini, tetapi apakah gerai J.CO Donuts juga ada?

J.CO Donuts sendiri merupakan restoran dan waralaba, yang seperti namanya, mengkhususkan untuk menjual aneka produk donat, selain juga beberapa varian yoghurt beku dan kopi. Gerai ini pertama kali didirikan pada tahun 2005 oleh perusahaan Johnny Andrean Group. Saat ini, J.CO Donuts telah menyebar ke berbagai negara di kawasan Asia, seperti Singapura, Filipina, hingga China.

Awalnya, ide bisnis donat ini berlangsung dalam kurun waktu yang lama, kurang lebih tiga tahun, sebelum gerai pertama resmi dibuka. Dalam kurun waktu tersebut, pendiri berusaha melakukan riset, survei pasar, dan sampling mengenai produk donat seperti apa yang diinginkan di Indonesia. Kala mengumpulkan riset mengenai gerai donat modern, Johnny juga menemukan fakta bahwa belum ada satu pun gerai donat di Indonesia yang memiliki konsep open kitchen.

Pada tanggal 26 Juni 2005, gerai J.CO Donuts & Coffee yang pertama resmi dibuka di kawasan Supermall, Karawaci, Tangerang. Ternyata, konsep bisnis gerai donat modern ini mampu menarik perhatian dan minat masyarakat. Outlet J.CO Donuts selalu dipadati pengunjung yang penasaran atau ketagihan mencicipi kelezatan donat kelas premium.

Seiring dengan waktu, J.CO Donuts berkembang menjadi bisnis waralaba yang sukses dan membuka banyak cabang di beberapa kota di Indonesia. Salah satu kota besar di Tanah Air yang telah memiliki gerai donat premium ini adalah Surabaya. Tercatat, ada beberapa mal di Surabaya yang menyediakan gerai J.CO Donuts, seperti City of Tomorrow, Lenmarc Mall, Mall Galaxy, Plaza Surabaya, Marvell City Surabaya, Plaza Tunjungan I, Royal Plaza, Supermall Pakuwon Indah 2, Surabaya Town Square, dan Transmart di Rungkut.

Sayangnya, di Bandara Internasional Juanda, hingga tulisan ini dipublikasikan, menurut situs resmi perusahaan, gerai J.CO Donuts belum tersedia di pelabuhan udara tersebut. Namun, untuk masyarakat yang berdomisili di kawasan Sidoarjo, bisa mengunjungi gerai donat ini di Sun City Mall Sidoarjo yang beralamat di Jalan Pahlawan No. 4, RT 30 RW 06, Sidoarjo.

Meski demikian, bagi masyarakat yang ingin menikmati kuliner menarik selama menunggu jadwal keberangkatan pesawat, ada beberapa restoran menarik yang bisa didatangi di Bandara Juanda. Di Terminal 1 misalnya, terdapat gerai Roti O, Soto Bangkalan Tohir, Bangi Kopi, Dunkin Donuts, Roti Boy, Belinda Cake, hingga Sky Port Café. Sementara, di Terminal 2, terdapat gerai Chatime, Gastdrome, Pop’s Chicken, Tours Les Jours, Food Corner, Sushi Kiosk, Burger King, dan Starbucks.