Sabtu, 20 Januari 2018

Didukung Bandara Juanda Sebagai Gate, Surabaya Giat Kembangkan Sektor Wisata

Surabaya – Kota Surabaya tahun ini berupaya untuk mengejar target kunjungan wisatawan sebanyak 27.270.270 orang. Oleh sebab itu Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Surabaya akan mengadakan 51 event menarik sepanjang tahun 2018. Acara tersebut meliputi atraksi seni dan budaya, promosi kreativitas ala usaha kecil menengah (UKM), sampai sport tourism.

“Kami ingin memberikan yang terbaik. Konsep acaranya selalu kita kembangkan setiap tahunnya. Tahun ini ada 51 event bakal kita sajikan. Ada kebudayaan, kesenian, dan promosi wisata. Kuliner dan kerajinan ada, termasuk olahraga,” ujar Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Surabaya Widodo Suryantoro, seperti dilansir Indopos.

Walaupun komposisi event tahun 2018 masih sama seperti tahun lalu, Widodo menuturkan akan ada beberapa kejutan yang disiapkan. Misalnya dalam Festival Sungai Kalimas 2018 juga akan memadukan unsur sejarah di dalamnya, sehingga wisatawan bisa memperoleh pengetahuan tentang sungai sepanjang 19 km tersebut.

“Penguatan-penguatan akan diberikan. Seperti Festival Sungai Kalimas misalnya, nanti akan digelar secara tematik. Di atas kapal nanti akan dihadirkan berbagai kesenian, seperti teater. Aksi teater ini akan menceritakan kembali sejarah Sungai Kalimas,” ungkapnya.

Tak hanya Sungai Kalimas, Surabaya juga hendak mengembalikan kejayaan distrik Tunjungan. “Betul, kami ingin menggelar event Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan. Bentuknya seperti festival kuliner dan craft. Event ini bahkan akan digelar sebanyak enam kali dalam setahun. Kami ingin wilayah di Tunjungan ini benar-benar hidup lagi seperti dulu,” kata Widodo.

Selain Tunjungan, kawasan kota lama di Jalan Kembang Jepun juga hendak dihidupkan kembali. “Kembang Jepun dekat dengan Sungai Kalimas. Kawasan bisnis itu sangat ramai dari dulu hingga saat ini. Tidak mengenal waktu, siang atau malam tetap ramai. Sama seperti Tunjungan, festival kuliner dan kerajinan akan digelar di sana. Jumlahnya sama, enam kali setahun,” jelas Widodo.

Sebagai informasi, tahun 2017 lalu Surabaya hanya memiliki target untuk mendatangkan 19 juta wisatawan, namun ternyata ada 24 juta wisatawan yang masuk ke Surabaya. “Jumlah kunjungan wisatawan melebihi target. Tahun ini, targetnya makin besar. Tapi, itu cukup wajar. Surabaya memenuhi semua aspek 3A. Attraction, accessibility, dan amenities Surabaya bagus. Modal inilah yang terus kami optimalkan,” ujarnya.

Surabaya juga mempunyai gate besar berupa Bandara Internasional Juanda yang berhasil melayani 1,41 juta penumpang ketika libur Natal dan Tahun Baru lalu. Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini juga mengakui jika saat ini Pemkot Surabaya bersama stakeholder tengah serius membangun sektor pariwisata di Surabaya.