Minggu, 07 Januari 2018

2017 Tahun Teraman dalam Sejarah Penerbangan Komersial

Jakarta – Lembaga konsultan To70 dan Jaringan Keselamatan Penerbangan (Aviation Safety Network/ASN) mencatat tahun 2017 sebagai tahun teraman dalam sejarah penerbangan komersial, baik di Indonesia dan berbagai negara lainnya di dunia. Pasalnya tidak ada data pesawat jet komersial yang jatuh sepanjang 2017.


Menurut Ketua Komite Keselamatan Nasional Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono, minimnya angka kecelakaan fatal di Indonesia tahun 2017 tidak lepas dari upaya berbagai pihak untuk meningkatkan standar keselamatan penerbangan. “Ada kelompok-kelompok diskusi di antara maskapai penerbangan, Kementerian Perhubungan aktif melakukan pengecekan di lapangan dan audit terhadap maskapai, terutama airlines besar,” ujar Soerjanto, Selasa (2/1), seperti dilansir BBC Indonesia.

Soerjanto juga mengatakan, pelatihan menjadi salah satu faktor terbesar yang meningkatkan keamanan penerbangan komersial di Tanah Air. “Kami selalu menekankan pentingnya pelatihan operasional dan meminta seluruh maskapai penerbangan untuk mengikuti standar prosedur yang berlaku,” ungkapnya.

Di samping itu, beberapa maskapai juga membuat pusat kajian yang menelaah kecelakaan-kecelakaan di masa lalu untuk mempelajari poin-poin penting dari insiden yang telah berlangsung. “Seperti Lion Air dan AirAsia, mereka mendirikan lesson centre, semacam training centre untuk mengingatkan kepada semua pihak, terutama para pilot. Untuk masalah teknis, seperti sudah oke, tidak ada masalah,” beber Soerjanto.

Insiden pesawat komersial paling yang terakhir kali terjadi di Indonesia adalah pada 28 Desember 2014 lalu saat pesawat AirAsia jatuh di Laut Jawa ketika terbang dari Bandara Internasional Juanda Surabaya ke Singapura akibat cuaca buruk. Kecelakaan pesawat tersebut memakan korban 155 awak dan penumpang tewas.

Sedangkan dari dunia internasional, berdasarkan pemantauan Jaringan Keselamatan Penerbangan, terdapat 10 insiden fatal pesawat selama tahun 2017 di seluruh dunia yang menewaskan korban 79 orang. Angka tersebut dinilai sebagai jumlah terendah baik dari segi frekuensi insiden dan jumlah korban.

Dari 10 kejadian yang ada, 5 di antaranya melibatkan pesawat kargo dan 5 insiden lainnya melibatkan pesawat penumpang. Insiden paling fatal tahun 2017 terjadi pada Januari saat pesawat kargo Turki jatuh di sebuah desa yang terletak di Kyrgyzstan yang menewaskan 4 kru dan 35 orang di darat.