Minggu, 03 Desember 2017

Long Weekend, Bandara Juanda Alami Lonjakan Penumpang

Surabaya – Bertepatan dengan libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini, arus penumpang pesawat di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur terpantau padat mulai hari Jumat (1/12) pagi. Beberapa rute penerbangan favorit dengan tujuan Jakarta dan Yogyakarta dilaporkan mengalami kenaikan penumpang hingga mencapai 100%.

Tiket pesawat menuju Jakarta dan Yogyakarta juga kabarnya telah habis terjual sampai Minggu (3/12). Walaupun masih ada, beberapa calon penumpang yang berminat membeli tiket pesawat akan masuk dalam daftar tunggu.
Selain mengalami kenaikan jumlah penumpang yang cukup signifikan, beberapa maskapai penerbangan destinasi Jakarta dan Jogja juga mengalami keterlambatan alias delay antara 30 menit sampai 1 jam. Tak hanya dikarenakan adanya long weekend, kenaikan jumlah penumpang di Bandara Juanda juga ditengarai akibat banyak penumpang dari Bali yang melakukan pengalihan penerbangan ke Jakarta melalui Bandara Juanda.
Setelah Gunung Agung di Karangasem, Bali meletus, jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur pun mengalami peningkatan. “Sebenarnya sejumlah hotel sudah dipesan wisatawan jauh-jauh hari sebelum Gunung Agung meletus karena mereka memang berlibur ke Banyuwangi,” ungkap Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda di Banyuwangi, Sabtu (2/12), seperti dilansir Antara.
Dampak adanya letusan Gunung Agung menurut Bramuda cukup besar untuk sektor pariwisata Banyuwangi, sebab sebelumnya Bandara Blimbingsari, Banyuwangi hanya dijadikan sebagai tempat transit saja. “Hal itu juga berdampak pada meningkatnya tingkat hunian hotel di Banyuwangi yang terisi sekitar 95 persen dari jumlah kamar yang tersedia karena sebagian wisatawan harus bermalam di hotel akibat kehabisan tiket pesawat dari Bandara Banyuwangi yang menuju Surabaya maupun Jakarta,” ucapnya.

Tak hanya hotel saja, jasa sewa bus biro perjalanan di Banyuwangi juga kebanjiran rezeki akibat banyak wisatawan yang menempuh jalur darat untuk menuju Surabaya. “Wisatawan yang kehabisan tiket pesawat di Bandara Banyuwangi dan tidak bermalam di hotel, maka mereka akan menggunakan jasa bus sewa untuk menuju Bandara Juanda Surabaya atau kota-kota lain yang dituju,” tandasnya.