Minggu, 17 Desember 2017

Libur Natal & Tahun Baru, Citilink Siapkan Penerbangan Tambahan ke Sejumlah Rute

Jakarta - Maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia menyediakan 50.400 kursi tambahan (extra seat) atau 280 penerbangan tambahan (extra flight) ke 7 rute terpadat selama libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Porsi kursi tambahan tersebut mengalami peningkatan 20% dari tahun lalu sebesar 41.760 seat.



“Peningkatan jumlah tersebut merupakan antisipasi manajemen Citilink Indonesia untuk menghadapi lonjakan penumpang di peak season ini yang akan berlangsung 21 Desember 2017 hingga 3 Januari 2018,” ungkap Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo, Sabtu (16/12), seperti dilansir Kompas.

Sejumlah rute padat yang frekuensi penerbangannya akan ditambah antara lain Malang, Denpasar, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan Silangit, Sumatera Utara. “Dengan tambahan tersebut, Citilink Indonesia akan terbang 264 kali setiap harinya selama periode libur Natal dan tahun baru,” jelas Juliandra.

Dengan adanya jadwal penerbangan tambahan tersebut, rute penerbangan Jakarta-Malang (PP) yang sebelumnya hanya dilayani 4 kali sehari akan ditambah jadi 6 kali sehari. Kemudian rute Jakarta-Solo PP dari 5 penerbangan jadi 8 penerbangan sehari atau ditambah 3 flight.

Untuk rute Jakarta-Denpasar PP yang biasanya dilayani oleh Citilink sebanyak 12 kali sehari ditambah jadi 14 penerbangan sehari. Rute Surabaya-Denpasar PP via Bandara Internasional Juanda yang sehari-hari dilayani sebanyak 3 kali kini bertambah jadi 4 kali sehari. Dan yang terakhir penerbangan ke Bandara Silangit (Danau Toba) yang sebelumnya hanya 1 kali penerbangan kini jadi 2 kali penerbangan sehari.

“Selain mempersiapkan armada pesawat, kami juga fokus menyiapkan unit pelayanan publik dan penumpang secara maksimal. Satu unit pesawat cadangan juga kami siapkan, bahkan di unit pelayanan kami lakukan cek kondisi dan menyiapkan tenaga bantuan layanan bagi penumpang,” ungkap Juliandra.

Citilink juga akan mengoperasikan seluruh armadanya yang terdiri dari 50 pesawat Airbus A320. Pesawat tersebut termasuk armada berlorong tunggal seri terbaru Airbus A320NEO yang lebih modern dengan tingkat kebisingan rendah dan hemat bahan bakar hingga 15%.

Demi menghindari antrean check in, pihak Citilink Indonesia juga mengimbau penumpang agar datang 2 jam lebih awal ke bandara dan mempersiapkan segala dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan dengan pesawat.