Jumat, 22 Desember 2017

Layani Penerbangan Domestik & Internasional, Terminal 2 Bandara Juanda untuk Maskapai Apa?

Bandara Internasional Juanda merupakan salah satu airport tersibuk di kawasan Jawa Timur. Bandara yang berlokasi di Sidoarjo ini memiliki dua terminal, yakni Terminal 1 dan Terminal 2. Terminal 2 baru dioperasikan pada 14 Februari 2014 lalu. Terminal 1 digunakan untuk melayani penerbangan domestik Citilink, Sriwijaya Air, Batik Air, dan Lion Air. Lalu maskapai apa saja yang dilayani di Terminal 1 Bandara Juanda Surabaya?

Terminal 2 Bandara Juanda melayani penerbangan domestik dari maskapai Garuda Indonesia dan Air Asia Indonesia, serta melayani penerbangan internasional dari maskapai Garuda Indonesia, Air Asia, Indonesia Air Asia, Cathay Pasific, China Airlines, Tiger Air, Eva Air, Royal Brunei, Silk Air, Singapore Airlines, Jetstar, dan penerbangan umrah maupun haji dari maskapai Saudi Arabia Airlines.

Terminal 2 mempunyai lahan seluas 49.500 meter persegi dan mampu menampung kapasitas sebanyak 6 juta penumpang per tahun. Sayangnya jarak antara lokasi Terminal 1 ke Terminal 2 Bandara Juanda cukup panjang, sebab kedua terminal ini dipisahkan landasan pacu (runway) yang tak terhubung satu sama lain. Dengan berkendara, biasanya calon penumpang membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit (jika tidak macet) untuk berpindah terminal, dengan memutar lewat simpang empat Raya Pabean-Bypass Juanda yang berjarak sekitar 9 km.

Akan tetapi sudah ada jalan penghubung dari Terminal Kargo T1 dengan jarak sekitar 3,6 km. Demi memudahkan mobilitas calon penumpang yang hendak ke T1 maupun T2, PT AP I Cabang Juanda juga sudah menyediakan fasilitas shuttle bus. Terdapat sekitar 4 armada shuttle bus yang disiapkan di Bandara Juanda. Tiap shuttle bus akan menunggu penumpang yang akan naik selama 15 menit.

“Bus stay selama 15 menit setelah itu lanjut jalan, perjalanan dari Terminal 1 ke 2 kurang lebih 15 menit,” kata salah satu sopir shuttle bus, seperti dilansir Tribunnews. Layanan shuttle bus di Bandara Juanda ini juga gratis, sehingga penumpang tak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun jika ingin menikmati layanan tersebut.

Menariknya, di dalam shuttle bus juga tersedia akses internet gratis (free WiFi) yang bisa dimanfaatkan oleh para penumpang selama di perjalanan. Shuttle bus tersebut tersedia mulai jam 05.00 WIB sampai jadwal penerbangan terakhir pukul 23.00 WIB.