Rabu, 08 November 2017

Putri Jokowi Menikah, Penerbangan dari Bandara Juanda ke Solo Padat

Sidoarjo – Penerbangan dari Surabaya ke Solo melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan pada Selasa (7/11) kemarin. Apabila biasanya jumlah penumpang pesawat ke Solo berkisar 50-75%, maka selama beberapa hari belakangan jumlah penumpang ke arah Solo meningkat.

Tiket pesawat ke Solo dari Bandara Juanda yang dilayani salah satu maskapai penerbangan mulai dari Senin sampai Selasa pagi pun dikabarkan habis terjual. Agar seluruh penumpang tujuan Solo dapat terangkut, para penumpang pun akhirnya dialihkan untuk naik penerbangan ke Yogyakarta untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Solo melalui jalur darat.
Setidaknya ada 5 penerbangan ke Jogja yang dilayani oleh 3 maskapai penerbangan dari Surabaya yang seluruhnya terpantau penuh dan tiketnya habis terjual. Kenaikan penumpang pesawat ke Solo dan Jogja via Bandara Juanda ini 75% didominasi oleh masyarakat yang ingin datang dan menyaksikan langsung proses pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Solo, Jawa Tengah pada hari ini, Rabu (8/11).
Beberapa maskapai pun menambah frekuensi penerbangan mereka ke Solo, misalnya saja Garuda Indonesia yang menambah frekuensi dan kapasitas pesawat. “Untuk tanggal 7 dan tanggal 9 November kita ada extra flight dengan A330 dengan kapasitas 260 seat,” tutur Manajer Corporate Communication Garuda Indonesia Ikhsan Rosan, Selasa (7/11), seperti dilansir Liputan 6.
Pihak Garuda pun meningkatkan volume penerbangan dengan mengganti salah satu armada pesawatnya dengan pesawat jenis wide body seperti Airbus A330. Dengan adanya penambahan frekuensi ini, mulai Selasa kemarin jadwal penerbangan Garuda Indonesia ke Solo menjadi 6 kali dalam 1 hari. “Penerbangan reguler saja load factor-nya mencapai 95 persen, biasanya 70 persen,” ungkap Ikhsan.

Selain Garuda Indonesia, maskapai Sriwijaya Air juga menambah frekuensi penerbangan ke Kota Solo. Menurut Manajer Corporate Communication Sriwijaya Air Agus Sujono, Sriwijaya Air menambah 1 penerbangan ke Solo dengan mengoperasikan pesawat Boeing 737-800NG. “Dengan adanya tambahan penerbangan ini, maka ada 4 kali penerbangan satu harinya. Itu akan beroperasi tanggal 8 November saja,” jelas Agus.