Sabtu, 25 November 2017

Masuk Peak Season, Garuda Bakal Sediakan Extra Flight Rute Surabaya-Bali

Jakarta – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini, maskapai nasional Garuda Indonesia berencana untuk menambah frekuensi penerbangan demi mengantisipasi lonjakan penumpang. Menurut Vice President Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Region PT Garuda Indonesia Asa Perkasa sampai saat ini permintaan perjalanan untuk libur akhir tahun masih terus berjalan. Tingkat pemesanan tiket diperkirakan bertambah mulai akhir November 2017 sampai hari H.

“Musim puncak atau peak season untuk libur akhir tahun diperkirakan mulai 22 Desember hingga 4 Januari 2018,” kata Asa, seperti dilansir JPNN. Pihak Garuda Indonesia pun telah mengkaji sejumlah rute dengan permintaan tiket yang tinggi. Lima destinasi favorit para penumpang Garuda Indonesia dari Bandara Internasional Juanda adalah Bali, Lombok, Jember, Bandung, dan Singapura.
Dari kelima destinasi favorit tersebut, rute penerbangan Surabaya-Denpasar dianggap sebagai rute yang paling potensial. Oleh sebab itu, Asa menuturkan bahwa pihaknya akan menambah frekuensi penerbangan rute Surabaya-Bali. “Kami lakukan adjustment capacity dengan plan extra flight pada rute Surabaya-Bali,” tutur Asa.
Lebih lanjut Asa menuturkan bahwa pihaknya berencana menambah frekuensi penerbangan sebanyak 1 kali sehari pada rute Surabaya-Bali selama periode peak season. Dengan demikian, dari posisi existing 3 kali sehari, akan menjadi 4 kali penerbangan per hari. “Jadi, pada 22 Desember hingga 4 Januari, ada 14 kali penerbangan atau 4.536 seat tambahan,” beber Asa.
Momen akhir tahun memang selalu menjadi momen bagi industri penerbangan untuk meraup penumpang sebanyak-banyaknya. Hingga kini tingkat keterisian atau load factor Garuda Indonesia berada di angka 76 persen. “Melihat historical tingkat okupansi, pada peak season nanti, tingkat keterisian dapat menjadi 83-86 persen,” katanya.
Selain menambah frekuensi penerbangan, Garuda Indonesia juga kembali menyelenggarakan promo diskon di acara Garuda Online Travel Fair (GOTF) yang digelar mulai 21-30 November 2017. Ada banyak diskon yang ditawarkan, misalnya tiket penerbangan internasional Jakarta ke London PP hanya Rp 8,6 juta atau tiket Jakarta-Tokyo atau Osaka hanya Rp 4,8 juta.

Kemudian untuk rute domestik ada rute Jakarta-Pulau Komodo via Labuan Bajo yang harga tiketnya hanya dipatok Rp 1,7 juta, penerbangan ke Raja Ampat juga didiskon jadi Rp 2,7 juta saja, dan tiket Surabaya-Sumba PP hanya Rp 1,3 juta.