Selasa, 21 November 2017

Jelang Natal & Tahun Baru, Tiket Pesawat ke Surabaya Naik Dua Kali Lipat

SURABAYA – Seperti libur Lebaran, harga tiket pesawat terbang pada momen Natal dan libur Tahun Baru ke berbagai tujuan favorit rata-rata juga mengalami kenaikan. Tiket pesawat dari Banjarmasin menuju Surabaya via Bandara Internasional Juanda misalnya, sekarang sudah mencapai Rp1 juta lebih, atau naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan harga di hari-hari biasa.

Dari beberapa agen perjalanan yang berada di Banjarmasin, diketahui tiket pesawat dari Banjarmasin tujuan Surabaya dan Yogyakarta menjadi rute paling diminati selama musim liburan Natal dan Tahun Baru. Namun, jika harga tiket pesawat di hari-hari biasa berkisar Rp400 ribu untuk tujuan Surabaya dan Rp600 ribu untuk tujuan Kota Gudeg, maka kini harganya naik menjadi Rp1 juta lebih.
“Kenaikan harga tiket menjelang dan selama masa liburan akhir tahun memang rutin terjadi setiap tahun,” ujar Jannah, petugas marketing dan reservasi PT Lintas Barito di Banjarmasin. “Bahkan, harga tiket yang sudah mencapai dua kali lipat ini diperkirakan belum mencapai puncak kenaikan harga, dan diprediksi bisa melonjak tiga kali lipat atau lebih ketika satu minggu sebelum perayaan Natal.”
Jannah menambahkan bahwa musim liburan Natal, Tahun Baru, dan libur sekolah di akhir tahun sedikit berbeda dibandingkan dengan liburan pada Hari Raya Idul Fitri. Jika maskapai kebanyakan menambah jadwal penerbangan untuk mengakomodasi besarnya arus mudik dan arus balik pada Lebaran, namun hal tersebut jarang atau tidak bisa dipastikan terjadi selama libur akhir tahun.
Hampir senada, Imah, petugas marketing dan reservasi PT Samudera Gemilang Angkasa Tour and Travel, menyatakan bahwa tingginya permintaan penerbangan selama libur Natal, Tahun Baru, dan libur sekolah membuat harga tiket penerbangan menjadi tidak masuk akal. Tidak hanya harga yang naik berkali lipat, konsumen juga bisa kehabisan tiket karena tingginya minat perjalanan, sedangkan maskapai cenderung tidak menambah frekuensi penerbangan.

Pada musim libur Natal tahun 2016 kemarin misalnya, harga tiket pesawat tujuan Manado melonjak tinggi hingga seratus persen, namun tetap diburu oleh konsumen. Lonjakan harga tiket tersebut rata-rata mendekati perayaan Natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember. Penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Manado dengan pesawat Batik Air, harganya mencapai Rp2,5 jutaan dari semula Rp1,1 jutaan, sedangkan tiket pesawat Lion Air melonjak dari Rp1,1 juta menjadi Rp1,8 juta.