Kamis, 16 November 2017

Dikalahkan Ngurah Rai, Bandara Juanda Hanya Masuk Nominasi Bandara Awards 2017

Jakarta – Meski sudah beberapa kali menyabet penghargaan internasional, tampaknya Bandara Internasional Juanda harus berpuas diri karena hanya masuk menjadi nominasi dalam ajang Bandara Awards 2017. Bandara Awards 2017 sendiri adalah ajang penghargaan yang diadakan oleh Majalah Bandara untuk ke-9 kalinya di Jakarta pada Selasa (14/11) malam. Dalam ajang ini Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta terpilih sebagai Best Airport of The Year.

“Bandara Awards merupakan penghargaan atau apresiasi yang diberikan oleh Majalah Bandara kepada pengelola bandara yang telah memberikan pelayanan terbaik terhadap pengguna jasa bandara. Apresiasi itu didasarkan atas survei langsung ke bandara-bandara di Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, dan dari Miangas hingga Rote,” ujar CEO Bandara Indonesia Group, Wita Anggraini di Jakarta, Selasa (14/11) malam, seperti dilansir Sportourism.
Kemudian pada posisi ke-2 untuk kategori PT Angkasa Pura (AP) II diduduki oleh Bandara Internasional Sultan Thaha, Bandara Internasional Supadio (Juara 3), Bandara Internasional Husein Sastranegara (nominasi), dan Bandara Internasional Kualanamu (nominasi).
Pada kategori PT Angkasa Pura (AP) I, pemenang Bandara Awards diraih oleh Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai (Juara I), Bandara Internasional S.A Muhammad Sulaiman (Juara 2), dan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (Juara 3). Sedangkan Bandara Internasional Juanda harus berpuas diri dinominasikan dalam kategori ini bersama Bandara El Tari.
“Tahun ini tim melakukan survei di 106 bandara. Perjalanan survei dimulai dari bulan April hingga Agustus 2017. Survei tersebut dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada penumpang yang akan melakukan perjalanan di terminal keberangkatan,” imbuh Wita.
Selain dari survei, penilaian ajang Bandara Awards 2017 juga didapat dari hasil penilaian dewan juri yang kompeten dalam bidangnya, antara lain Herry Bakti S. Gumay sebagai Ketua Dewan Juri, Bintang Hidayat, Tengku Burhanuddin, Dudi Sudibyo, Ninok Leksono, Olivia Zalianti, Erwin Nurdin, dan Otong Rukmana. Sedangkan juri kehormatan Bandara Awards 2017 adalah Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso dan Deputi Pengembangan Pasar Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti.

“Akhirnya Berdasarkan penilaian dari survei penumpang dan pertimbangan dewan juri, Bandara Internasional Soekarno Hatta Terminal 3 Ultimate dinobatkan sebagai Best Airport of The Year 2017,” jelas Wita.