Minggu, 26 November 2017

Bandara Juanda Salurkan Bantuan pada Warga Tambakrejo Korban Angin Puting Beliung

Sidoarjo – PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Bandara Internasional Juanda memberikan bantuan pada para korban bencana puting beliung di Desa Tambakrejo, Kecamatan Waru, Sidoarjo. Bantuan yang diberikan berupa 27 buah terpal, 73 atap asbes, dan tali tampar atau nilon. Bantuan diberikan secara langsung oleh General Manager Bandara Internasional Juanda bersama Sales Dept. Head Yoca Dwata dan tim CSR.

Upaya pemberian bantuan ini dilakukan demi meringankan musibah yang dialami oleh warga di Tambak Rejo, Sidoarjo. Seperti diketahui, angin puting beliung sempat melanda Kecamatan waru dan Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati. Area di sekitar Bandara Juanda juga terkena angin puting beliung yang mengakibatkan sejumlah penerbangan mengalami keterlambatan. Sejumlah pohon di Jalan Raya Juanda juga dilaporkan roboh karena diterjang puting beliung.
“Anginnya sangat kencang disertai hujan. Syukur kami bersama teman-teman tidak ada yang menjadi korban. Melihat hujan dan angin datang, kami berlindung di tempat yang aman,” ujar Faid petugas Cargo di T1 Bandara Internasional Juanda Rabu (22/11), seperti dilansir Berita Jatim.
Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan bahwa berdasarkan data sementara tercatat 754 unit rumah mengalami kerusakan, di mana 606 unit rumah rusak berlokasi di Desa Tambak Sumur 128 unit rusak, di Desa Tambak Rejo 576 unit rumah, dan di Desa Tambak Sawah 50 unit rumah. Ada pula 7 bangunan fasilitas umum rusak.
“Sebanyak 36 orang luka ringan dan telah kembali ke rumahnya. Pada Rabu malam terdapat 100 jiwa mengungsi di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum. Namun pada siang sebagian kembali ke rumahnya untuk membersihkan rumahnya,” kata Sutopo, Kamis (23/11) malam.
Sebagian besar kerusakan yang dialami berupa atap rumah yang roboh. Beberapa rumah juga ada yang kondisinya rusak parah. “Atap rumah yang rusak untuk sementara ditutup terpal. BPBD Jawa Timur telah mendistribusikan 500 lembar terpal, 100 lembar selimut, 150 unit sandang dan family kid. Makanan siap saji telah dibagikan kepada korban,” tandasnya.
Pemda Sidoarjo berencana memberi bantuan perbaikan kerusakan rumah pada warga yang terdampak puting beliung. Berdasarkan Perda, bantuan untuk rumah rusak ringan maksimum Rp 5 juta, rusak sedang maksimum Rp 10 juta, rusak berat maksimum Rp 20 juta dan rusak total maksimum Rp 30 juta.