Minggu, 19 November 2017

Bandara Juanda Pastikan Barang yang Tertinggal Akan Diamankan Petugas

Surabaya – Seorang pria asal Balikpapan, Alexander Arpin termasuk salah satu penumpang yang beruntung karena kopernya yang tertinggal di Bandara Internasional Juanda Surabaya ditemukan masih utuh dan bisa kembali ke tangannya. Alexander mengaku bersyukur karena tak ada satupun barangnya yang hilang.

“Seingat saya, tas itu tertinggal saat check in. Saya keburu dan harus balik ke Balikpapan,” ujar Alexander, Jumat (17/11), seperti dilansir Tribunnews.
Pria yang menaiki pesawat Lion Air ini baru menyadari tasnya tertinggal setelah sampai di Balikpapan. Alexander sendiri awalnya ingin merelakan tasnya tersebut tertinggal begitu saja. Akan tetapi Alexander terkejut lantaran ia diberitahu jika barang bawaannya tersebut telah diamankan petugas sejak tanggal 11 November 2017 lalu. Tas yang dibawa Alexander berisi pakaian dan obat-obatan.
Pada Jumat (17/11) lalu tas tersebut diserah-terimakan di Bandara Juanda oleh petugas security check Lost and Found kepada Alexander. Humas PT Angkasa Pura 1 Juanda, Febrian Prayogo memastikan bahwa setiap barang yang tertinggal baik di bagasi dan di bandara akan tetap dalam kondisi aman selama masih belum diambil oleh penumpang lain.
“Petugas akan menghubungi dan memastikan barang miliknya. Bisa diambil sendiri atau diwakilkan saudara di Surabaya asal ada keterangan yang jelas dan memastikan bahwa dia adalah pemilik asli barang,” ungkap Prayogo.
Pihak keamanan Bandara Juanda akan memastikan kepemilikan barang sesuai dengan data penumpang dan KTP atau kartu identitas yang masih berlaku. Prayogo juga menegaskan bahwa petugas tidak akan membuka isi tas. Pemilik atau yang mewakili dapat mengambil sendiri barang yang tertinggal di bandara. “Selama ini belum pernah barang ketinggalan dikirim. Sebaiknya diambil saja ke petugas bandara,” bebernya.
Sementara itu, pihak Aviation Security (Avsec) Bandara Juanda mengungkapkan jika setiap hari selalu ada barang penumpang yang ketinggalan. “Tiap hari hampir selalu ada tas atau barang yang tertinggal. Akan kami amankan jika belum keburu diambil penumpang lain,” ujar Manajer Avsec PT Angkasa Pura 1 Juanda, Sukirman.
Jika ada barang yang tertinggal seperti HP, biasanya petugas akan menghubungi melalui HP pemilik yang tertinggal. Selain itu, penumpang juga dapat langsung menghubungi petugas Avsec di nomor telepon (031) 2986350 untuk Terminal 1, atau (031) 2986700 untuk Terminal 2.