Selasa, 14 November 2017

Akhir Tahun, Maskapai Berlomba Tawarkan Penerbangan Umrah Murah dari Surabaya

SURABAYA – Akhir tahun, biasanya banyak masyarakat di Indonesia yang berbondong-bondong melakukan umrah atau umroh ke Tanah Suci Mekah. Nah, menyambut momen ini, sejumlah maskapai berlomba-lomba menawarkan tarif tiket pesawat murah untuk umrah serta dilakukan secara direct, baik dari Bandara Internasional Juanda Surabaya ke Madinah maupun Surabaya ke Jeddah.

Maskapai Lion Air misalnya, telah membuka penerbangan perdana untuk umrah yang menghubungkan Surabaya dengan Madinah. Maskapai berbiaya rendah tersebut juga menggunakan pesawat baru jenis Airbus A330-300 untuk mengangkut jamaah umrah dari Tanah Air yang bertolak dari Bandara Internasional Juanda.
“Tercatat, untuk penerbangan perdana umrah dari Surabaya menuju Madinah telah memiliki keterisian  jamaah hingga 437 orang, sedangkan menuju Jeddah sudah lebih dari 300 jamaah,” kata Corporate Communication Lion Air Group, Ramaditya Handoko. “Besar harapan kami dengan adanya penerbangan umrah dari Surabaya menuju Tanah Suci, akan menciptakan pasar tersendiri.”
Selain dari Surabaya, maskapai Lion Air juga baru saja meresmikan penerbangan perdana umrah dari Palembang menuju Jeddah yang dioperasikan satu kali dalam seminggu, yaitu pada hari Senin dan berangkat dari Tanah Air pukul 15.00 WIB. Pesawat yang digunakan adalah tipe terbaru Boeing 737 Max 8, dengan transit satu kali di India untuk melakukan pengisian bahan bakar.
Sementara itu, maskapai pelat merah, Garuda Indonesia, belum lama ini melakukan kerja sama dengan Bank Syariah Mandiri dan travel rekanan untuk menawarkan program umrah bagi masyarakat. Program sinergi ini dikatakan perusahaan sebagai salah satu jawaban guna menggarap potensi penerbangan umrah yang sangat besar.

“Program sinergi ini sebagai salah satu jawaban untuk menggarap potensi umroh yang demikian besar,” tutur Senior Manager Umrah dan Haji Plus Garuda Indonesia, Refki Riyantori. “Saat ini, Garuda Indonesia menerbangkan rute penerbangan khusus umrah ke Jeddah dan Madinah, yang berangkat dari kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Solo, Makassar, dan Padang.”