Selasa, 31 Oktober 2017

Tiket Rp600 Ribuan, NAM Air Resmi Terbang Surabaya-Pangkalan Bun

SURABAYA – Mulai hari Senin (30/10) kemarin, anak usaha Sriwijaya Air, yaitu NAM Air, resmi mengoperasikan rute penerbangan langsung Surabaya-Pangkalan Bun PP. Dalam penerbangan perdana, maskapai masih menerapkan tiket promo sebesar Rp560.000 per seat. Namun, untuk tarif normal, rute yang menghubungkan Bandara Internasional Juanda dengan Bandara Iskandar tersebut dipatok di kisaran harga Rp600 ribuan per seat.

Penerbangan perdana NAM Air dari Bandara Juanda ke Pangkalan Bun kemarin ditandai dengan pemotongan tumpeng. Hadir dalam pembukaan rute tersebut di antaranya Kepala Otoritas Bandara Wilayah III, Dadin Kohar, General Manager AIRNAV Cabang Surabaya, Rosedi, General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Juanda, Yuwono, dan juga perwakilan beberapa agen travel.

“Masuknya NAM Air ke rute tersebut tidak lepas dari potensi pasar yang besar, salah satunya dari masyarakat transmigran,” kata District Manager Sriwijaya Air Group Cabang Surabaya, Hendrik Ardiansah. “Ada sejarah ketika di era 1990-an banyak orang Jawa, khususnya dari Provinsi Jawa Timur, yang ke sana (Kalimantan) untuk melakukan transmigrasi.”
Potensi lainnya, Hendrik menambahkan, berasal dari tenaga kerja Jawa Timur yang banyak bekerja di perkebunan kelapa sawit di Kalimantan. Para pekerja ini menyumbang load factor yang cukup signifikan, rata-rata bisa mencapai 70 persen. “Sisanya berasal dari para pelaku bisnis, terutama perdagangan dan wisatawan, khususnya wisatawan asing yang tertarik dengan eco tourism,” sambung Hendrik.
Banyak yang menyebutkan bahwa dibukanya rute Surabaya-Pangkalan Bun oleh NAM Air dalam rangka untuk ‘menggantikan’ kompetitor Kalstar Aviation yang sementara masih dibekukan. Namun, pihak perusahaan menampik pendapat tersebut, karena menurut mereka, pembukaan rute penerbangan ini sudah direncanakan cukup lama.
“Pembukaan rute ini sudah direncanakan sejak lama, jadi tidak tepat kalau kami disebut ‘menggusur’ Kalstar,” timpal Direktur Operasional NAM Air, Daniel Aditya. “Rute ini akan memberikan prospek bagus mengingat banyaknya mobilisasi penumpang ke kawasan Kalimantan Tengah, termasuk pekerja dan juga wisatawan.”

Penerbangan dari Surabaya ke Pangkalan Bun dilayani tiap hari oleh NAM Air dan berangkat dari Bandara Juanda pada pukul 13.30 WIB, serta memakan waktu hanya satu jam perjalanan udara. Rute ini menggunakan pesawat Boeing 737-500 yang berkapasitas 120 penumpang.