Sabtu, 21 Oktober 2017

ATI Lakukan Penilaian Toilet Bersih di Bandara Juanda

Surabaya – Untuk tahun 2017 ini Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) kembali melakukan penilaian toilet bersih di Bandara Internasional Juanda. Penilaian yang dilakukan secara berkala tiap tahunnya mencakup beberapa aspek penilaian seperti kebersihan toilet, fasilitas yang ada di toilet, desain toilet, dan alat kelengkapan untuk kebersihan toilet.

Ketua ATI, Naning Adiwoso menilai secara langsung seluruh toilet yang ada di Bandara Juanda, yakni di Terminal 1 dan 2, baik untuk keberangkatan domestik, kedatangan domestik, kedatangan internasional, dan keberangkatan internasional. Menurut Naning kebersihan toilet termasuk aspek yang penting di setiap bandara.
“Kebersihan toilet merupakan hal yang penting khususnya bagi bandara yang memberikan pelayanan kepada publik. Selain kebersihan toilet yang menjadi penilaian penting, penggunaan air yang efisien dalam rangka penghematan biaya dan sumber daya,” jelas Naning, seperti dilansir dari situs resmi Bandara Juanda.
Salah satu aspek yang menjadi fokus dari penilaian Naning terhadap toilet yang ada di Bandara Juanda adalah terkait desain fasilitas toilet seperti penggunaan kran air pada wastafel. Dari seluruh bandara yang ada di Indonesia, Bandara Juanda Surabaya sendiri dianggap sebagai contoh model toilet bersih yang nyaman dan higienis. “Sejauh ini role model toilet bersih bandara itu Bandara Juanda,” kata Naning.
Bandara Juanda pun kerap memenangkan penghargaan sebagai toilet bersih di tingkat nasional. Pada tahun 2013 lalu Bandara Juanda memiliki rating bintang 4 untuk kriteria toilet bersih. Seperti pemeringkatan pada hotel, rating toilet bersih juga memiliki rentang angka dari 1-5, dari yang kotor sampai yang paling bersih dan nyaman. “Kriterianya banyak. Sarana misalnya, harus dipastikan dalam setiap toilet itu ada tisu, tempat sampah, sabun, gantungan. Kuncinya berfungsi atau enggak, flushnya berfungsi atau enggak,” imbuhnya.

Pihak PT Angkasa Pura (AP) I selaku pengelola Bandara Juanda pun bertekat untuk terus membenahi seluruh sarana prasarana pendukung di Bandara Juanda, termasuk fasilitas toilet. “Pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa yang harus ter-standar seperti toilet dan ke depannya kami akan me-redesign untuk Terminal 1 di mana akan lebih baik untuk ke depannya,” ucap Co General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Juanda, Yudi Maisa.