Kamis, 28 September 2017

Wings Air Akhirnya Resmi Terbangi Rute Surabaya-Sumenep

Surabaya – Setelah sempat ditunda, akhirnya maskapai Wings Air resmi melayani penerbangan komersial dari Surabaya ke Sumenep via Bandara Internasional Juanda-Bandara Trunojoyo dan sebaliknya pada Rabu (27/9) kemarin. Peresmian rute baru tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bersama Head of Corporate Secretary & Communication Lion Air Group Andy M Saladin di Bandara Juanda di Sidoarjo.

“Penerbangan ini merupakan cita-cita lama semua pihak dalam memajukan Madura. Diharapkan menjadi bagian dalam mempersempit kesenjangan yang ada,” ucap Gus Ipul, seperti dilansir Duta. Selain itu, Gus Ipul juga berharap arus keluar masuk barang lewat Bandara Trunojoyo akan meningkat diiringi dengan pertumbuhan ekonomi yang positif.
Ditemui secara terpisah, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso juga turut mengapresiasi dibukanya rute penerbangan Surabaya-Sumenep oleh maskapai Wings Air. “Kami mengapresiasi positif penerbangan komersial ini karena sesuai dengan misi dari bandara tersebut yaitu menjadi Agen Pemercepat Pengembangan dan Pertumbuhan Perekonomian, membuka daerah, simpul transportasi, mendorong dan menunjang industri, perdagangan, dan pariwisata di Pulau Madura,” kata Agus.
“Kita tahu bahwa sepanjang pantai Madura ini berpotensi sebagai wisata yang bisa dimanfaatkan, selain itu masyarakat Madura juga erat dengan budaya perdagangan yang menyebar luas diberbagai daerah lain bahkan berbagai penjuru dunia,” imbuh Agus.
Penerbangan Sumenep-Surabaya dilayani menggunakan pesawat jenis ATR-72 500 dan ATR-72 600 yang mampu memuat sekitar 72 penumpang. Jadwal penerbangan Surabaya-Sumenep berlangsung setiap hari pada pukul 12.40 WIB, sedangkan rute Sumenep-Surabaya dilayani jam 13.40 WIB. Harga tiket yang dikenakan untuk rute tersebut juga cukup terjangkau, hanya sekitar Rp 200 ribuan saja.

“Ini merupakan penerbangan rute pendek, dengan waktu jelajah hanya sekitar 35 menit. Hal ini tentu akan menjadi sebuah sarana dan fasilitas yang dapat memberikan kemudahan, khususnya bagi warga Surabaya maupun Sumenep maupun sekitarnya, untuk melakukan perjalanannya via udara dengan menggunakan pelayanan Wings Air,” ungkap Head of Corporate Secretary & Communication Lion Air Group, Andy M Saladin.