Minggu, 17 September 2017

Terkendala Slot Time dari Bandara Juanda, Rute Sumenep-Surabaya Bakal Tertunda?

Sumenep – Hingga kini maskapai Wings Air masih belum memperoleh slot time atau izin jadwal penerbangan dari pihak Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk pembukaan rute penerbangan langsung Sumenep-Surabaya. Padahal Wings Air rencananya akan mulai menerbangi rute Sumenep-Surabaya mulai hari ini, Minggu (17/9).

“Kalau tak ada perubahan jadwal, penerbangan perdana komersial di rute Sumenep-Surabaya dan sebaliknya akan dilakukan pada Minggu (17/9),” ungkap Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo di Sumenep, Jawa Timur beberapa waktu lalu, seperti dilansir Antara.
Padahal ketika melakukan proses uji coba menggunakan pesawat ATR 72 dengan kapasitas 72 penumpang, penerbangan Wings Air dinyatakan berlangsung dengan mulus. Sayangnya kepastian mengenai kapan jadwal penerbangan tersebut mulai beroperasi masih terkesan mengambang. “Akibatnya kendala tersebut membuat penerbangan tujuan Sumenep-Surabaya tertunda,” kata Wahyu.
Lebih lanjut Wahyu menuturkan bahwa untuk sementara, jadwal penerbangan yang diinginkan dari pihak Pemkab Sumenep untuk rute Sumenep-Surabaya adalah pukul 06.00 WIB, sedangkan rute sebaliknya, yakni Surabaya-Sumenep dilakukan pada sore hari. “Namun hal tersebut masih tinggal menunggu izin dari pihak Bandara Juanda,” ucap Wahyu.
Meski terkendala slot time dari Bandara Juanda, pihak Bandara Trunojoyo masih optimis bisa segera mengoperasikan penerbangan komersial rute Sumenep-Surabaya pada bulan September 2017 ini. Di sisi lain, pihak Otoritas Bandara Trunojoyo sebelumnya juga sudah mempersiapkan dan memperbaiki fasilitas di Bandara Trunojoyo seperti terminal pemberangkatan dan kedatangan penumpang. “Alhamdulillah, rehabilitasi landas pacu pesawat di Bandara Trunojoyo agar memiliki kekuatan untuk aktivitas pesawat berkapasitas 72 penumpang sudah selesai dikerjakan,” bebernya.
Maskapai Wings Air nantinya akan melayani penerbangan Sumenep-Surabaya dan sebaliknya setiap hari. Akan tetapi masih belum diketahui berapa harga tiket yang dikenakan untuk rute baru tersebut. Pihak Bandara Trunojoyo pun enggan mengungkap berapa kisaran tarifnya. “Untuk harga tarif penerbangan komersial di rute Sumenep-Surabaya dan sebaliknya, kami tidak bisa mempublikasikannya. Itu kewenangan manajemen PT Wings Air,” tandas Wahyu.