Minggu, 10 September 2017

Kloter I Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Mendarat Dengan Selamat di Bandara Juanda

Surabaya – Pesawat Saudi Arabia Airlines yang menampung 443 jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama Jawa Timur asal Kabupaten Kediri akhirnya mendarat di Bandara Internasional Juanda pada Kamis (7/9) lalu pukul 15.50 WIB. Sementara itu proses pemulangan jemaah haji sendiri telah memasuki hari ketiga pada Jumat (8/9). Total ada 19 kloter yang akan dipulangkan dari bandara Jeddah ke sejumlah embarkasi di Indonesia.

Kepala Daker Bandara Arsyad Hidayat, 19 kloter tersebut akan diterbangkan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah. “Total jemaah yang diberangkatkan adalah 7.649 jemaah,” ungkap Arsyad, Jumat (8/9) seperti dilansir Tribunnews.
Berdasarkan informasi dari PT Angkasa Pura I Cabang Juanda Surabaya, rombongan kloter pertama jemaah haji asal Kabupaten Kediri sebanyak 447 orang yang terdiri dari 208 jemaah laki-laki dan 239 jemaah perempuan. Di antaranya terdapat 10 jemaah haji yang memakai kursi roda.
Para jemaah haji yang baru saja turun dari pesawat langsung berbondong-bondong melakukan sujud syukur. “Kami mengucapkan syukur alhamdulillah, berkat pertolongan Allah mudah-mudahan hajan makbruroh,” ucap H. Samsul Hadi, salah seorang jemaah haji asal Kediri, Kamis (7/9).
Samsul mengatakan bahwa pelayanan jemaah haji asal Indonesia untuk tahun 2017 ini sangat memuaskan dan berlangsung aman dan lancar. “Untuk tahun ini rombongan jemaah haji asal Indonesia pelayanannya sangat baik sekali tanpa ada halangan apapun,” papar Samsul.
Lebih lanjut Samsul juga berharap supaya pelayanan katering untuk jemaah haji bisa diberikan selama 24 jam penuh. “Saya hanya berharap agar makanan untuk jemaah haji yang selama ini hanya 24 kali, ditambah penuh selama melaksanakan ibadah haji agar para jemaah tidak usah memasak,” ucapnya.
Berdasarkan rilis data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Daker Bandara, hingga hari Kamis (7/9) terdapat 21 kloter yang diterbangkan ke Indonesia. Pada kloter pertama seharusnya jumlah jemaah haji yang dipulangkan ke Tanah Air adalah 445 orang. Akan tetapi 2 di antaranya, yakni pasangan suami istri terpaksa menunda kepulangan mereka karena sakit. Keduanya pun terpaksa bergabung dalam kloter 8.