Kamis, 14 September 2017

Catat! 17 September 2017 Pesawat Wings Air Terbangi Rute Sumenep-Surabaya

Sumenep – Maskapai Wings Air dijadwalkan untuk melayani penerbangan komersial dari Bandara Trunojoyo, Sumenep ke Bandara Internasional Juanda, Surabaya, dan sebaliknya mulai tanggal 17 September 2017 mendatang.

“Kalau tak ada perubahan jadwal, penerbangan perdana komersial di rute Sumenep-Surabaya dan sebaliknya akan dilakukan pada Minggu, 17 September 2017. Rute Sumenep-Surabaya, penerbangan dilakukan setiap hari, tanpa ada libur,” kata Wahyu Siswoyo, Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep di Sumenep, Jawa Timur, Rabu (13/9), seperti dilansir Tempo.
Hingga kini pihaknya masih menanti kepastian slot time penerbangan di Bandara Juanda Surabaya. Meski demikian Wahyu memastikan jika tanggal (17/9) kelak akan dilakukan penerbangan perdana Wings Air untuk rute Sumenep Surabaya. “Selain masih menunggu slot time, ada beberapa perbaikan yang belum tuntas di Bandara Trunojoyo, di antaranya peningkatan fasilitas terminal yang masih dalam proses,” ucap Wahyu.
Selain itu, Wahyu menjelaskan bahwa kekuatan atau pavement classification number (PCN) untuk landasan pacu (runway) sepanjang 1.600 meter dan lebar 30 meter di Bandara Trunojoyo rata-rata mencapai 17 dan sebagian juga ada yang mencapai 20 usai mengalami program peningkatan dalam anggaran tahun 2017 ini.
“Kekuatan landasan pacu sudah mampu menahan beban 16 ton. Sedangkan pesawat ATR 72 itu bebannya hanya maksimal 15 ton. Jadi pesawat ATR 72 itu nanti bisa mengangkut penumpang dengan maksimal yakni 72 orang,” kata Wahyu.
Bandara Trunojoyo bukan hanya membenahi kekuatan landasan pacunya saja, tetapi juga menyiapkan dan membenahi berbagai sarana prasarana penunjang penerbangan seperti terminal pemberangkatan dan kedatangan penumpang. Nantinya penerbangan yang dilayani oleh Wings Air lewat pesawat ATR-72 akan dijadwalkan pada siang hari pukul 12.40 WIB untuk rute Surabaya-Sumenep. Sedangkan dari Sumenep-Surabaya diterbangkan pukul 13.40 WIB.

Sayangnya pihak Bandara Trunojoyo masih enggan membeberkan berapa harga tiket penerbangan Wings Air untuk rute Sumenep-Surabaya tersebut. “Untuk harga tarif penerbangan komersial di rute Sumenep-Surabaya dan sebaliknya, kami tidak bisa mempublikasikannya. Itu kewenangan manajemen Wings Air,” tandasnya.