Kamis, 24 Agustus 2017

Vietnam Airlines Perluas Rute Penerbangan ke Denpasar & Surabaya

Jakarta – Maskapai nasional Garuda Indonesia menandatangani kerjasama dengan maskapai internasional, Vietnam Airlines untuk menambah pelayanan rute penerbangan. Lewat kerjasama yang sinergis ini, kelak Vietnam Airlines dapat menjual tiket penerbangan Garuda, demikian pula sebaliknya.

Direktur Utama Pahala N Mansury menjelaskan bahwa dalam kerjasama ini, baik pihak Garuda dan Vietnam Airlines hanya memasukkan 2 rute. Untuk penerbangan Indonesia, Vietnam Airlines menawarkan rute Denpasar (via Bandara I Gusti Ngurah Rai) dan Surabaya (via Bandara Internasional Juanda). Sedangkan rute penerbangan Vietnam yang tersedia adalah Hanoi dan Saigon.
“Kami kan sudah kerja sama dengan Vietnam Airlines mulai tahun 2006, diperbaharui tahun 2013. Rute awalnya Saigon-Jakarta,” ungkapnya, Rabu (23/8), seperti dilansir CNN.
Lewat kerjasama tersebut, Garuda Indonesia bisa saling berbagi kode (code sharing) dengan Vietnam Airlines. Dengan demikian, Garuda Indonesia bisa memfasilitasi kursi (seat) tanpa harus menyediakan pesawat. “Kami tidak harus mengoperasikan pesawat sendiri, tetapi kami bisa memiliki rute itu,” ujar Mansury.
Sementara itu, CEO Vietnam Airlines, Duong Tri Thanh merasa jika pihaknya masih belum puas dengan penerbangan rute Ho Chi Minh-Jakarta. “Kita saat ini sudah ada penerbangan tujuh kali dalam satu minggu, saya pikir ini masih terlalu kecil. Kita ingin bisa tingkatkan dua sampai tiga kali lipat,” ucap Duong Tri Thanh.
Rute Hanoi dan Saigon serta Denpasar dan Surabaya dipilih lantaran permintaan penerbangannya cukup tinggi. “Jadi, dengan berbagi kode ini akan ada konektivitas yang lebih baik,” katanya.
“Kami melihat banyak kesempatan, mayoritas masyarakat Indonesia banyak pergi ke Asia Tenggara dan Vietnam populer. Penumpang dari Vietnam ke Indonesia saja tahun lalu sekitar 50 ribu orang, sementara dari Indonesia ke Vietnam itu sekitar 70 ribu orang dan ini akan terus bertambah,” jelas Thanh.

Tak hanya kerjasama terkait berbagi kode, Garuda Indonesia dan Vietnam Airlines juga berencana melakukan joint venture (JV). Akan tetapi bukan berwujud sebuah perusahaan patungan, namun berbentuk joint operation. “Jadi, bisa bagi pendapatan. Ini masih diskusi ya. Sekarang fokus berbagi kode,” tandas Mansury.