Rabu, 16 Agustus 2017

Selain Bandara Juanda, Pertamina Tambah Pasokan Avtur di Tambolaka

Surabaya – Aktivitas penerbangan ke kawasan Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini terus meningkat. Oleh sebab itu pasokan avtur ke Bandara Tambolaka, Sumba Barat Daya, NTT pun terus ditambah. Pertamina MOR V pun membuka Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) untuk memasok avtur di kawasan NTT.

Menurut Rifky Rakhman Yusuf, Area Manager Communication & Relations Pertamina MOR V Jatimbalinus, DPPU yang baru saja dibuka tersebut dapat memenuhi pasokan bahan bakar pesawat di Bandara Tambolaka. Dengan adanya DPPU diharapkan dapat menunjang penerbangan ke sejumlah pulau.
“Keberadaan DPPU Tambolaka ini bertujuan untuk dapat mendukung kelancaran operasional penerbangan (airlines) di Bandara Tambolaka yang diharapkan dapat mengembangkan transportasi udara dari dan ke kawasan Sumba Barat, sehingga berdampak nyata kepada pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pariwisata di kawasan Sumba Barat ini,” papar Rifky, Senin (14/8), seperti dilansir Tribunnews.
Sebagai permulaan, Pertamina menyiapkan sejumlah sarana prasarana seperti 1 unit Kantor DPPU, 2 unit mobil refueller dengan kapasitas 12 kiloliter (KL), serta 2 unit mobil bridger kapasitas 10 KL dan 16 KL. Jumlah kapasitas penimbunan stok avtur di Bandara Tambolaka tersebut mencapai 50 KL untuk melayani operasional 5 pesawat setiap hari dan kebutuhan TNI AU.
“Dengan dibukanya DPPU Tambolaka ini, pesawat yang menuju Bandara Tambolaka tidak perlu lagi melakukan pengisian Avtur di Bandar udara keberangkatan sebelumnya (double uplift). Jadi mereka dapat meningkatkan kapasitas jumlah penumpang dan barang dari pesawat tersebut,” papar Rifky.
Lebih lanjut Rifky menjelaskan bahwa supply point avtur untuk Bandara Tambolaka berasal dari TBBM Waingapu, Sumba Timur dengan memakai angkutan mobil bridger yang ditempuh melalui 5 jam perjalanan. Di TBBM Waingapu terdapat tangki timbun berkapasitas mencapai 250 KL. Jumlah tersebut untuk memenuhi kebutuhan Bandara Waingapu dan Bandara Tambolaka.
Karena potensi ekonomi dan pariwisata di Tambolaka cukup tinggi, maka Pertamina memperkirakan bahwa kebutuhan avtur di sana akan terus bertambah. “Maka, ke depannya Pertamina berencana membangun tanki timbun guna meningkatkan ketahanan stok Avtur, baik di DPPU Tambolaka maupun di TBBM Waingapu,” jelasnya.

Beberapa waktu lalu, General Manager Pertamina MOR V Jatimbalinus, Herman MZ mengungkapkan bahwa pihaknya juga mempersiapkan tambahan pasokan avtur ke sejumlah bandara yang melayani keberangkatan ibadah haji 2017 seperti Bandara Internasional Juanda dan Bandara Internasional Lombok.