Jumat, 11 Agustus 2017

Rute Penerbangan Perintis dari Bawean ke Bandara Juanda Banyak Peminat

Sangkapura – Penerbangan perintis rute dari Bawean via Bandara Harun Thohir ke Surabaya via Bandara Internasional Juanda rupanya kini telah menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat sekitar. Terbukti, setiap bulannya penerbangan yang dilayani untuk rute tersebut terus mengalami kenaikan jumlah penumpang.

“Berdasarkan data ternyata animo masyarakat sangat tinggi untuk menggunakan moda transportasi udara,” ungkap Wahyu Siswoyo, Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo, Sumenep, Kamis (10/8), seperti dilansir Jawa Pos.
Berdasarkan data yang didapat, pada bulan Februari 2017 lalu terdapat 11 penumpang yang terbang dari Bandara Harun Thohir menuju Bandara Juanda, kemudian bulan Maret meningkat signifikan menjadi 111 penumpang. Bulan April bertambah jadi 113 penumpang, demikian pula pada Mei naik jadi 155 penumpang, bulan Juni 162 penumpang, dan bulan Juli tumbuh menjadi 172 penumpang.
Sementara itu jumlah penumpang yang tiba di Bandara Harun Thohir pada Februari 2017 adalah 10 penumpang, Maret 71 penumpang, April 81 penumpang, Mei 109 penumpang, Juni 102 penumpang, dan bulan Juli 2017 lalu mencapai 103 orang penumpang.
Lebih lanjut Wahyu menuturkan jika setiap bulannya jumlah penumpang yang melakukan perjalanan dari Bandara Harun Thohir ke Bandara Juanda Sidoarjo terus menunjukkan kenaikan. Ia berpendapat bahwa penambahan jadwal penerbangan menjadi 3 kali dalam seminggu rupanya disambut cukup antusias oleh masyarakat Pulau Bawean.  “Perkembangan sangat signifikan penumpang berangkat dari Pulau Bawean ke Surabaya,” jelasnya.

Sebagai informasi, penerbangan perintis yang dilayani oleh maskapai PT Airfast Indonesia ini terbang setiap hari Selasa, Rabu, dan Kamis dengan memakai pesawat jenis Twin Otter DHAC 300 yang mampu memuat 12 penumpang. Harga tiket penerbangan perintis rute Surabaya-Bawean adalah Rp 339.200, sedangkan Bawean Surabaya dikenai biaya Rp 264.200. Tarif tersebut kabarnya telah memperoleh subsidi dari pemerintah pusat.