Senin, 21 Agustus 2017

Penerbangan Bawean-Surabaya Kembali Normal Selasa Besok

SURABAYA - Penerbangan rute Bawean-Surabaya yang menghubungkan Bandara Harun Thohir dengan Bandara Internasional Juanda dipastikan akan kembali normal pada hari Selasa (22/8) esok. Hal ini seiring dengan selesainya proses perbaikan pada roda depan pesawat milik Airfast yang mengalami gangguan teknis pada akhir pekan lalu. 

“Saat ini, masalah pada bagian roda depan pesawat sudah diperbaiki oleh teknisi yang datang dengan pesawat Airfast Indonesia lainnya,” jelas Kepala UPT Bandara Harun Thohir Bawean, Kabupaten Gresik, Jufri. “Saya mendapat laporan bahwa perbaikan bisa selesai sebentar lagi, dan jadwal penerbangan bakal kembali normal seperti biasa pada minggu ini.”
Sebelumnya, pesawat Twin Otter DHC Seri 300 milik Airfast yang biasa melayani rute penerbangan Bawean-Surabaya sempat mengalami masalah pada bagian sensor roda depan. Akibatnya, 15 penumpang batal terbang ke Bandara Juanda hingga perbaikan pesawat tersebut selesai. “Bukan kerusakan pada mesin, melainkan trouble pada bagian roda depan saja,” terang Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo.
“Tetapi, dalam aturan penerbangan, pesawat tidak boleh terbang dan harus menunggu sampai perbaikan selesai karena menyangkut kenyamanan penumpang,” sambung Wahyu. “Adapun calon penumpang, yang membeli tiket yang rencananya ikut terbang pada hari Kamis (17/8) lalu, uang mereka dikembalikan secara utuh tanpa ada pemotongan biaya.”
Untuk memperbaiki masalah tersebut, pihak Airfast Indonesia telah menerbangkan pesawat sejenis ke Bawean yang mengangkut sejumlah teknisi. Perbaikan pesawat ini sendiri dilakukan di salah satu sudut parkir Bandara Harun Thohir. Setelah masalah pada roda depan ini selesai diperbaiki, maka pesawat akan kembali diterbangkan menuju Bandara Juanda di Surabaya.
Penerbangan perintis rute Bawean-Surabaya sendiri mengalami peningkatan penumpang yang cukup menggembirakan. Jika jumlah penumpang pada bulan Februari 2017 masih 11 orang, maka jumlahnya meningkat menjadi 111 penumpang di bulan berikutnya. Kemudian, pada bulan April, jumlahnya kembali naik menjadi 113 penumpang, dan kemudian 155 penumpang di bulan Mei, 162 penumpang di bulan Juni, dan 172 penumpang di bulan Juli 2017.