Sabtu, 19 Agustus 2017

Nam Air Bakal Layani Penerbangan Rute Pangkalan Bun-Surabaya

Pangkalan Bun – Maskapai Nam Air mengungkapkan rencananya untuk membuka rute penerbangan baru Pangkalan Bun-Surabaya. Menurut Vice President Nam Air, Capt. Prasetyo Wisaksono, kini Nam Air masih menjalani proses harmonisasi dan integrasi jadwal penerbangan. Pihak Nam Air juga hendak mengurus perizinan slot di Bandara Iskandar dan Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Saat ini baru terdapat 1 pesawat Nam Air yang memiliki 4 jadwal penerbangan untuk rute Pangkalan Bun. Setidaknya kelak Nam Air berencana menambah sekitar 6 kali penerbangan. Di samping itu, Nam Air juga akan membuka rute khusus penerbangan lokal Kalimantan dengan memanfaatkan pesawat jenis ATR. “Nantinya akan melayani penerbangan lokal Kalimantan Tengah, Pontianak dan Balikpapan,” kata Prasetyo seperti dilansir Prokal.
Di sisi lain, CEO Sriwijaya Air Group, Chandra Lie menuturkan bahwa pihaknya sengaja berkunjung ke Pangkalan Bun untuk melakukan sosialisasi terkait pembukaan rute baru. “Kami akan buka dalam waktu yang sikat lagi secepatnya Jakarta, Pangkalan Bun, Surabaya, saya lanjutkan ke Denpasar, kemudian balik lagi,” papar Chandra.
Pembukaan rute baru tersebut dapat memperluas jangkauan wisatawan domestik maupun mancanegara yang hendak berlibur ke Kabupaten Kotawaringin Barat yang terkenal akan Taman Nasional Tanjung Puting-nya (TNTP) dan Kesultanan Kutawaringin.
Beberapa waktu lalu, maskapai yang berada di bawah pengelolaan Sriwijaya Air Group ini juga meraih kesuksesan dari pembukaan rute Jakarta-Banyuwangi dan Banyuwangi-Surabaya. Sejak (15/8) lalu Nam Air melayani penerbangan dari dan ke Banyuwangi sebanyak 3 kali dalam sehari.
Nam Air sengaja menambah frekuensi penerbangan ke Banyuwangi lantaran potensi pasar di sana cukup besar. Hal ini terlihat dari tingkat keterisian (load factor) yang cukup memuaskan. “Load factor kita mencapai 85 persen. Rute ini (Jakarta-Banyuwangi PP) sudah layak untuk kami tambah,” ucap Chandra.
Penerbangan Nam Air dari dan menuju Banyuwangi dilayani setiap hari mulai pukul 06.00 dan berakhir pada jam 12.15 WIB dengan rincian berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 06.00 dan mendarat di Bandara Blimbingsari jam 07.40.

Kemudian pesawat berkapasitas 120 orang itu juga berangkat dari Banyuwangi pukul 08.15 untuk mendarat di Bandara Juanda pukul 09.00. Lalu berangkat lagi pukul 09.15 dan tiba di Banyuwangi pukul 10.00. Pesawat tersebut juga berangkat pada pukul 10.30 untuk terbang dan mendarat di Soetta pukul 12.15. Nam Air juga melayani rute Jakarta-Banyuwangi pada sore hari dengan jadwal keberangkatan pada pukul 14.10 dan 16.15.