Selasa, 29 Agustus 2017

Libur Idul Adha, Penumpang di Bandara Juanda Bakal Naik 12 Persen

SURABAYA - Momen Hari Raya Idul Adha yang bertepatan dengan long weekend memang diperkirakan bakal dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat untuk bepergian, baik tujuan pulang kampung maupun berwisata. Di Bandara Internasional Juanda sendiri, jumlah penumpang diprediksi akan meningkat 12 sampai dengan 15 persen ketika libur panjang tersebut.

“Pergerakan penumpang diprediksi akan sebesar 60.800 penumpang, yang masing-masing 55.250 penumpang untuk tujuan domestik dan 5.750 penumpang untuk tujuan internasional,” ujar Legal and Communications Section Head PT Angkasa Pura I Juanda, Febrian P, seperti dikutip dari Antara. “Sementara, pergerakan pesawat juga kemungkinan naik lima persen, dengan 380 pesawat untuk rute domestik dan 36 pesawat untuk rute internasional.”
Febri menambahkan bahwa rute-rute yang diperkirakan padat penumpang adalah penerbangan dengan tujuan Jakarta, Makassar, Balikpapan, Denpasar, Banjarmasin, dan Lombok untuk penerbangan domestik. Sementara, rute internasional yang mengalami kepadatan adalah tujuan Singapura, Kuala Lumpur, dan Hong Kong. “Peningkatan penumpang ini diperkirakan terjadi pada hari Kamis (31/8) dan juga Minggu (3/9) mendatang,” sambung Febri.
Rata-rata pergerakan harian tahun ini di Bandara Juanda adalah 395 unit pesawat dan 48.293 orang penumpang. Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, terutama wisatawan asing, PT Angkasa Pura I Juanda sebelumnya telah menggratiskan biaya pendaratan atau landing fee bagi maskapai yang membuka atau menambah rute baru di Jawa Timur.
“Dengan bertambahnya rute baru dan frekuensi terbang, pergerakan penumpang akan bertumbuh sehingga mendorong industri pariwisata daerah,” ujar Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I, Moch. Asrori, beberapa waktu yang lalu. “Selain itu, perusahaan juga telah meningkatkan traffic movement dari 25 per jam menjadi 27 per jam.”

Jumlah kunjungan wisatawan asing di Bandara Juanda sendiri pada tahun 2015 telah mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yaitu sebesar 54 persen. Sementara, pada tahun lalu, kunjungan turis asing ke Jawa Timur melalui Bandara Juanda tercatat 612.412 kunjungan, atau naik 32 persen jika dibandingkan periode sebelumnya.