Selasa, 15 Agustus 2017

Kapan NAM Air Buka Rute Penerbangan Surabaya-Banyuwangi?

SURABAYA - Beberapa waktu lalu, maskapai NAM Air sempat mengatakan bahwa mereka berencana membuka rute penerbangan Surabaya-Banyuwangi PP. Menurut kabar, anak perusahaan Sriwijaya Air itu bakal mengoperasikan rute yang menghubungkan Bandara Internasional Juanda dengan Bandara Blimbingsari tersebut pada hari Selasa (15/8) ini. Namun, agaknya realisasi rute anyar ini masih belum bisa dilaksanakan sesuai harapan.

Sebelumnya, pembukaan rute baru ini akan dilaksanakan pada hari ini bersamaan dengan rencana NAM Air untuk menambah frekuensi penerbangan dari Jakarta menuju Banyuwangi. Jika dirinci, pesawat NAM Air bakal berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 06.00 WIB dan tiba di Bandara Blimbingsari pukul 07.40 WIB. Kemudian, pesawat jenis Boeing 737-500 tersebut bakal melanjutkan penerbangan ke Surabaya pada pukul 08.15 WIB dan landing di Bandara Juanda pukul 09.00 WIB.
Setelah itu, pesawat bakal kembali ke bertolak menuju Bumi Blambangan pada pukul 09.15 WIB dan diperkirakan tiba di Banyuwangi pada pukul 10.00 WIB. Pesawat yang sama lantas berangkat melayani penumpang rute Banyuwangi-Jakarta pada pukul 10.30 WIB dan tiba di Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 12.15 WIB.
Namun, berdasarkan informasi terbaru, penambahan frekuensi untuk rute Jakarta-Banyuwangi baru akan dilakukan NAM Air pada tanggal 20 Agustus mendatang. Penerbangan itu akan berangkat dari Jakarta pukul 14.10 WIB dan tiba di Banyuwangi pada pukul 15.45 WIB. Sayangnya, perusahaan belum memberi kepastian kapan rute Surabaya-Banyuwangi akan mulai dioperasikan.

Sebelumnya, perusahaan sempat optimistis bahwa penambahan frekuensi penerbangan rute Jakarta-Banyuwangi serta pembukaan rute baru Surabaya-Banyuwangi tersebut bakal terealisasi tanggal 15 Agustus ini. Pasalnya, pesawat sudah stand by dan hanya menyisakan beberapa perizinan. “Kami sudah dapat izin slot time baik di Jakarta, Banyuwangi, maupun Surabaya dan tinggal menunggu izin rute dari Kementerian Perhubungan,” ujar Distrik Manajer NAM Air Banyuwangi, I Gusti Ngurah Putu Chrisna.