Rabu, 09 Agustus 2017

Connecting dengan Surabaya, Wings Air Bakal Buka Rute Tanjung Selor-Balikpapan

Tanjung Selor – Maskapai yang berada dalam naungan Lion Air Group, Wings Air berencana membuka rute penerbangan baru Tanjung Selor-Balikpapan. Sebagai langkah awal, Wings Air telah melakukan observasi jalur terbang termasuk menguji coba kelayakan landasan pacu (runway) Bandara Tanjung Harapan menggunakan pesawat ATR 72-600. Sayangnya pihak Wings Air belum memastikan kapan jadwal penerbangan perdana untuk rute tersebut.

Menurut Distrik Manager Lion Air Group Tarakan, Siti Igelima, pihaknya masih menanti hasil observasi penerbangan. “Untuk komersialnya, kami bikin laporan dulu. Setelah itu kami tentukan tanggalnya,” kata Siti, Selasa (8/8), seperti dilansir Tribunnews.
Sebelumnya beredar kabar jika penerbangan perdana Wings Air untuk rute Tanjung Selor-Balikpapan akan dilakukan pada tanggal 10 Agustus 2017. Namun Siti masih belum bersedia memastikan. “Karena saya masih tunggu laporan hasil ujicoba ini, setelah itu baru kami fix-kan (putuskan) tanggal komersilnya,” tegasnya.
Dalam uji coba penerbangan tersebut ditemukan obstacle atau objek penghalang penerbangan berupa pohon yang menjulang tinggi dekat ujung landasan pacu di bagian selatan. Obstacle tersebut nantinya akan segera ditangani oleh Dinas Perhubungan Kalimantan Utara.
Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setprov Kalimantan Utara Syaiful Herman yang turut hadir dalam uji coba penerbangan Wings Air meminta pada pihak maskapai Lion Air Group untuk segera melayani penerbangan komersial rute Tanjung Selor-Balikpapan, sesuai izin yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub). “Supaya masyarakat makin mudah untuk keluar dan masuk. Mereka bisa mengefisiensi waktu,” papar Syaiful.

Wings Air rencananya akan melayani penerbangan dari Bandara Tanjung Harapan di Tanjung Selor ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Frekuensi penerbangan Wings Air ini nantinya akan dilakukan setiap hari dan dihubungkan ke kota-kota lain. “Nanti akan connecting dengan Jakarta, Makassar, dan Surabaya. Dibikin daily setiap jam 13.50 WITA dari sini,” tandas Siti.