Jumat, 18 Agustus 2017

Bandara Juanda Tampilkan Pertunjukan Pantomim Bertema Kemerdekaan

Sidoarjo – Saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 kemarin, Bandara Internasional Juanda Surabaya menghadirkan pagelaran pantomim di area Bandara Juanda. Aksi pantomim tersebut sengaha ditampilkan oleh pihak PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda untuk menghibur para penumpang di ruang check-in dan ruang tunggu Terminal 1 Bandara Juanda.

Aksi pantomim tersebut bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berhasil memperjuangkan Kemerdekaan RI pada 72 tahun silam. Walaupun tidak ada iringan suara maupun musik, gerakan para pemain pantomim tersebut mampu merepresentasikan dengan baik aksi para pejuang secara live di Bandara Juanda.
Pertunjukan pantomim bertema Kemerdekaan RI ini rupanya juga disambut hangat oleh ratusan calon penumpang pesawat di Bandara Juanda. Banyak di antara mereka yang berusaha mengabadikan aksi pantomim tersebut dengan mengajak berfoto bersama atau sekadar berfoto selfie di depan aksi pantomim yang unik dan menarik itu.
Pagelaran pantomim kemerdekaan ini diselenggarakan selama 2 hari sejak tanggal 16 Agustus lalu hingga puncak HUT Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2017 kemarin di ruang check in dan ruang tunggu Bandara Juanda.
Selain di Bandara Juanda, perayaan HUT RI juga dilakukan oleh para calon jemaah haji dengan mengadakan upacara di Asrama Haji Sukolilo Surabaya sebelum keberangkatannya ke Tanah Suci. Upacara yang diikuti oleh sekitar 250 CJH kloter 60 dan 61 dari Kabupaten Pamekasan, Madura ini menjadi upacara kemerdekaan pertama yang diikuti oleh CJH dan diselenggarakan di Asrama Haji Sukolilo.
“Upacara ini inisiatif dari jamaah. Kami sebagai panitia (PPIH) hanya memfasilitasi saja,” ungkap Markus, Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Jatim di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Kamis (17/8), seperti dilansir Detik.

Lebih lanjut Markus menjelaskan bahwa tak ada persiapan khusus yang dilakukan dalam upacara. Para peserta hanya dilatih beberapa jam sebelum pelaksanaan upacara oleh anggota TNI dan Polri. “Latihannya juga menjelang pelaksanaan upacara,” imbuhnya.