Senin, 28 Agustus 2017

APEX in Security Berakhir, Keamanan Bandara Juanda Diharapkan Meningkat

SURABAYA – Pada akhir pekan lalu (25/8), kegiatan Airport Excellent (APEX) in Security di Bandara Internasional Juanda resmi ditutup setelah berlangsung sekitar empat hari, mulai tanggal 21 Agustus sampai dengan 24 Agustus 2017. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kerja sama antara ACI (Airports Council International) dengan PT Angkasa Pura I dalam hal peningkatan keamanan di bandara.

“Hasil dari APEX Airport Review in Security akan menjadi fokus manajemen untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan dalam memastikan operasi penerbangan dan bandara yang aman,” kata Direktur Operasional PT Angkasa Pura I, Wendo Asrul Rose, dalam sambutannya. “Hasil ini juga diharapkan dapat memperkuat kerja sama antara ACI dengan PT Angkasa Pura I dalam memperkenalkan budaya keamanan di bandar udara.”
Untuk mengaudit Bandara Internasional Juanda, ACI mendatangkan tim ahli dari delapan negara, seperti Kanada, AS, Korea Selatan, Australia, Irlandia, Hongaria, dan China dalam program APEX Airport Review in Security ini. Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini, PT Angkasa Pura I Juanda bekerja secara nyata dalam meningkatkan keamanan di bandara tersebut.
Bandara Juanda sendiri merupakan bandara ketiga yang diaudit oleh ACI dalam hal APEX in Security. Sebelumnya, dua bandara di Indonesia yang telah dilakukan audit adalah Bandara Sepinggan di Balikpapan dan Bandara Internasional Ngurah Rai di Denpasar, Bali. Melalui kegiatan ini, level keamanan di Bandara Juanda diharapkan dapat setingkat dengan bandara internasional lainnya.
Sebelumnya, pada akhir bulan Juli 2017 lalu, PT Angkasa Pura I Juanda juga menggelar kegiatan APEX in Safety dengan ACI di Ballroom Hotel Shangri-la. Kegiatan tersebut mendatangkan tim assesor dari ACI yang berasal dari beberapa negara, seperti Portugal, Inggris, Uganda, Malaysia, Belgia, Turki, Mauritania, Zambia, dan juga Australia.
Kegiatan APEX in Safety adalah sebuah program keamanan yang menyediakan layanan bantuan bagi anggota ACI dalam meningkatkan level keselamatan dan kepatuhan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO). Bandara Juanda juga merupakan bandara ketiga yang diaudit oleh ACI dalam program APEX in Safety.