Sabtu, 01 Juli 2017

Selama Mudik Lebaran Pesawat Perintis Rute Sumenep-Surabaya Sepi Peminat

Sumenep – Jika maskapai-maskapai penerbangan umumnya mengalami masa panen selama musim angkutan Lebaran 2017, rupanya pesawat perintis yang dioperasikan oleh PT Airfast Indonesia tidak demikian. Penerbangan perintis rute Sumenep-Surabaya hanya mengangkut 2 penumpang pada Selasa (27/6) lalu.

“Pesawat perintis tersebut beroperasi sebagaimana mestinya sesuai jadwal. Pesawat perintis itu tiba di Bandara Trunojoyo Sumenep pada Senin (26/6) setelah terbang dari Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo,” kata Wahyu Siswoyo, Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Selasa (27/6), seperti dilansir Antara.
Sedangkan pada Senin (26/6) pesawat yang melayani rute Bandara Juanda Surabaya – Bandara Trunojoyo Sumenep tersebut justru hanya mengangkut 1 penumpang. “Untuk sementara belum ada perubahan. Hingga masa arus balik Lebaran 2017, jumlah penumpang pesawat perintis di rute Sumenep-Surabaya dan sebaliknya memang minim,” papar Wahyu.
Pihaknya menduga bahwa minimnya pengguna jasa penerbangan perintis disebabkan karena masih ada moda transportasi darat yang beroperasi selama 24 jam di jalur tersebut. Wahyu sendiri mengatakan bahwa pada Kamis (29/6) lalu setidaknya terdapat 6 penumpang yang memesan tiket dan terdaftar menjadi penumpang pesawat perintis rute Sumenep-Surabaya.
“Jumlah tersebut (enam) termasuk angka yang signifikan dalam penerbangan perintis di rute Sumenep-Surabaya,” ucap Wahyu.
Bandara Trunojoyo telah melayani penerbangan perintis atau bersubsidi dengan rute Sumenep-Surabaya dan sebaliknya sejak tahun 2015 lalu. Sampai saat ini jumlah rata-rata penumpang yang menggunakan jasa pesawat perintis rute Sumenep-Surabaya dan sebaliknya berkisar antara 30-40 persen dari 15 kursi yang disediakan.

PT Airfast Indonesia tahun 2017 ini melayani penerbangan perintis untuk rute Sumenep-Surabaya dan sebaliknya sebanyak 2 kali dalam seminggu. Tarif tiket rute Sumenep-Surabaya sekitar Rp 296.700, sementara itu untuk rute Surabaya-Sumenep dikenai tiket seharga Rp 322.700.