Rabu, 12 Juli 2017

PT AP I Mengaku Siap Layani Keberangkatan Haji di Bandara Juanda

Sidoarjo – PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Internasional Juanda Surabaya mengaku siap untuk melayani keberangkatan Haji tahun 2017. Tahun ini setidaknya terdapat 83 kloter haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah, meningkat dibanding tahun lalu yang hanya sebanyak 64 kloter. Kloter haji tahun ini meningkat karena ditambahkannya kuota haji Jawa Timur (Jatim) sebanyak 35.270 jemaah.

“Berbagai kesiapan sudah kami lakukan. Mulai dari SDM, angkutan Haji, maupun segala peralatannya juga sudah kami persiapkan,” ujar General Manager PT Angkasa Pura (AP) Juanda, Yuwono, Selasa (11/7) seperti dilansir Detik.
“Dari 83 kloter, separo terang ke Madinah dulu dan separo lagi langsung Mekkah. Embarkasi akan dimulai tanggal 28 Juli mendatang hingga 26 Agustus 2017. Sementara untuk Debarkasi dimulai 6 September hingga 5 Oktober 2017,” sambungnya.
Meski demikian, nantinya keberangkatan seluruh kloter calon jemaah haji (CJH) Embarkasi Surabaya tak akan melalui ruang tunggu atau gate di dalam Bandara Juanda. “Semua CJH berangkat dari Asrama Haji Sukolilo Surabaya dan langsung ke airside bandara. Langsung menuju parkir pesawat dengan diangkut bus dari asrama haji,” papar Yuwono.
Tiap kali memasuki musim ibadah haji, pihak Embarkasi Surabaya selalu memindahkan seluruh peralatan dan sistem pemeriksaan CJH ke Asrama Haji Sukolilo dan nantinya di sana akan terdapat alat pendukung portabel seperti metal detector hingga x-ray supaya memudahkan pemeriksaan dokumen dan bawaan CJH di Asrama Haji.
“Saat layanan haji, Bandara Juanda akan buka 24 jam. Artinya penerbangan tiada henti. Nanti akan ada Posko Haji juga,” kata Yuwono.

Untuk mendukung kesiapan pelaksanaan ibadah haji 2017, PT AP I berkoordinasi dengan sejumlah pihak seperti Kemenag, airlines, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), imigrasi, bea cukai, dan berbagai pihak terkait. “Begitu juga dengan pemberdayaan kekuatan personel, membentuk posko pelayanan haji, maupun koordinasi dengan pihak terkait. Yang jelas, kami juga menambah personel di Sukolilo dan membuat toilet portabel untuk menunjang fasilitas terhadap calon jamaah haji,” tandasnya.