Kamis, 13 Juli 2017

Meminimalisir Bird Strike, AP I Usir Burung Liar di Sekitar Bandara Juanda

Sidoarjo – Otoritas Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur melakukan berbagai cara untuk mengusir burung-burung liar yang terdapat di sekitar area Bandara Juanda. Seperti diketahui, langkah ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya insiden bird strike yang bisa mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Juanda.

“Kami mencoba meminimalisir banyaknya burung ini. Sebenarnya, tak banyak mengganggu, hanya saja kita mewaspadai hal-hal yang dimungkinkan terjadi,” ujar General Manager PT Angkasa Pura I Juanda, Yuwono.
Salah satu langkah yang ditempuh oleh PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda adalah dengan memakai alat yang dapat mengeluarkan suara dengan frekuensi tinggi. “Selain itu, kami juga menggunakan suara-suara hewan predator yang biasa memangsa burung. Dengan demikian burung-burung tersebut akan merasa tidak nyaman dan pergi,” ucap Yuwono, Rabu (12/7), seperti dilansir Antara.
Lebih lanjut Yuwono menerangkan bahwa pihak otoritas bandara juga memakai alat yang dapat mengeluarkan sinar untuk mengusir burung-burung liar tersebut dari kawasan Bandara Juanda. “Dari sinar seperti laser itu, kemudian akan mengganggu penglihatan dari kawanan burung dengan tujuan untuk mengusir burung tersebut,” papar Yuwono.
Yuwono juga menuturkan jika upaya-upaya tersebut dilakukan supaya keberadaan kawanan burung itu bisa diminimalisir dan mengamankan jalur penerbangan di Bandara Internasional Juanda. “Kami juga mendapatkan masukan seperti jika ingin memotong rumput di bandara dilakukan pada malam hari supaya tidak mengundang kehadiran burung-burung tersebut,” katanya.
Menurut pihak AP I sendiri di sekitar kawasan Bandara Internasional Juanda terdapat puluhan jenis burung. Beberapa di antaranya adalah kawanan burung bangau yang mencari makan di sekitar tambak yang ada di sekeliling Bandara Juanda.

“Jauh-jauh hari kami sudah melakukan penelitian terhadap burung, kami datangkan peneliti asal IPB (Institut Pertanian Bogor). Dari penelitian yang sudah kami lakukan terdapat sebanyak 42 jenis burung yang di lingkungan Bandara Juanda ini,” ungkap Yuwono.