Jumat, 14 Juli 2017

Libur Sekolah Belum Berakhir, Jumlah Penumpang di Bandara Juanda Masih Tinggi

Sidoarjo – Pihak Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur memperkirakan jika jumlah pengguna jasa moda transportasi udara kemungkinan masih cukup tinggi, yaitu sekitar 68 ribu penumpang setiap harinya. Kepadatan penumpang ini terjadi seiring dengan musim liburan anak sekolah hingga akhir pekan mendatang.

“Jika pada hari biasa jumlah penumpangnya sekitar 52 ribu orang penumpang, pada saat ini jumlah penumpangnya masih cukup tinggi yaitu sebanyak 68 ribu penumpang,” tutur General Manager PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda, Yuwono, Selasa (11/7), seperti dilansir Republika.
Yuwono mengungkapkan bahwa masih tingginya jumlah penumpang di Bandara Internasional Juanda salah satunya disebabkan karena musim liburan sekolah bersamaan dengan musim libur Lebaran 2017. “Meskipun setiap daerah ini berbeda-beda waktu liburan sekolahnya, tetapi rata-rata anak sekolah mulai melaksanakan aktivitasnya lagi pada tanggal 17 Juli mendatang,” jelas Yuwono.
Lebih lanjut Yuwono juga menuturkan jika saat ini posko Lebaran yang ada di Bandara Internasional Juanda memang telah resmi ditutup. Tetapi secara internal pihak PT AP I masih menyiagakan para anggotanya hingga H+15 Lebaran. “Kami masih menyiagakan anggota untuk berjaga supaya pelayanan yang ada di Bandara Internasional Juanda Surabaya bisa terlayani dengan maksimal,” papar Yuwono.
Salah seorang penumpang pesawat tujuan Batam bernama Adi Wijaya mengaku sengaja memilih untuk kembali ke tempat asalnya sekarang lantaran harga tiket pesawat saat ini lebih murah. “Selain itu, salah satu faktornya adalah anak-anak yang mulai efektif masuk sekolah dan juga aktivitas kerja di tempat tersebut,” kata Adi.

Secara keseluruhan, PT Angkasa Pura (AP) I melaporkan data trafik penumpang di 13 bandara yang berada di bawah pengelolaannya selama semester I 2017 mencapai 41.854.574 orang, naik 4,32 persen dibanding jumlah trafik penumpang pada periode yang sama tahun lalu sebanyak 40.119.773 orang. Sedangkan trafik pesawat semester I 2017 adalah 380.365 pergerakan, naik 2,32 persen dari tahun lalu sebanyak 371.736 pergerakan.