Kamis, 27 Juli 2017

Diaudit ACI, Juanda Berharap Masuk 10 Besar Bandara dengan Tingkat Safety Terbaik

Surabaya – Bandara Internasional Juanda Sidoarjo, Surabaya kedatangan tamu dari Airports Council International (ACI) pada Senin (24/7) lalu. Aliansi yang berisi anggota dari 9 negara ini akan menilai langsung tingkat keamanan di Bandara Juanda. Asesor yang tergabung dalam Dewan Keselamatan Penerbangan Bandara tersebut akan melakukan penilaian pada Bandara Juanda selama sepekan.

Danang S Baskoro selaku Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I mengungkapkan bahwa sistem keamanan di Bandara Juanda harus menggunakan standar internasional. “Kami mengimpikan bandara Juanda masuk 10 besar Airport dengan tingkat safety terbaik dunia. Semua akan diaudit terbuka tim internasional,” kata Danang, seperti dilansir Tribunnews.
Kegiatan bertajuk Airport Excellence (APEX) in Safety tersebut berlangsung mulai 24-28 Juli 2017 dan akan mengaudit sejumlah bandara internasional di dunia, berkaitan dengan sistem keamanan dan pengamanan bandara. “Kami terbuka,” ujar Yuwono, General Manajer PT AP I cabang Juanda.
Ermeanando Silva, team leader ACI asal Portugis mengungkapkan bahwa pihaknya akan membuat laporan selama 1 minggu. “Akan ada laporan, catatan, dan rekomendasi atas kepatuhan standardisasi penerbangan kelas dunia,” jelas Ermenando.
Pakar safety penerbangan di bandara internasional tersebut berasal dari 9 negara, antara lain Portugis, Inggris, Uganda, Malaysia, Belgia, Turki, Mauritia, Zambia, dan Australia. Sejumlah hal yang dinilai dari keamanan Bandara Internasional Juanda adalah Bird Strike/Wildlife Hazard, Runway Safety, Movement Area Maintenance, dan Apron Safety.
Sebelumnya beberapa bandara yang berada dalam naungan PT Angkasa Pura (AP) I juga sempat meraih prestasi yang membanggakan. Setidaknya terdapat 3 bandara AP I yang masuk peringkat 10 besar dunia dalam hal tingkat kepuasan tertinggi kuartal I/2017 versi Airports Council International (ACI).

Bandara pertama yang meraih prestasi adalah Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur yang berhasil menduduki peringkat 1 dari total 85 bandara di dunia untuk kategori 5-15 juta penumpang per tahun. Kemudian ada Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang berada di posisi ke-2 dari 37 bandara yang ada pada kategori jumlah penumpang 15-25 juta orang per tahun, dan ke-3 Bandara Juanda di peringkat 10 pada kategori sama.