Jumat, 21 Juli 2017

Awal Agustus 2017, Wings Air Buka Penerbangan Komersial Surabaya-Jember PP

SURABAYA - Setelah berencana membuka penerbangan yang menghubungkan Sumenep dengan Surabaya, PT Wings Abadi atau maskapai Wings Air juga dikabarkan bakal mengoperasikan penerbangan langsung dari Surabaya menuju Jember PP. Penerbangan perdana Surabaya-Jember oleh maskapai yang masih berada di bawah naungan Lion Air Group ini direncanakan pada tanggal 31 Juli 2017.

“Penerbangan Wings Air ke Jember sudah dipastikan setelah pihak maskapai berkirim surat resmi kepada kami,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Jember, Isman Sutomo. “Namun, informasi di website resmi Lion Air Group yang sempat ramai di media sosial, mengatakan bahwa penerbangan perdana bukan tanggal 25 Juli 2017, melainkan tanggal 31 Juli 2017 dan mulai berlaku secara komersial pada tanggal 1 Agustus 2017.”
Isman menambahkan, selain kepastian jadwal penerbangan perdana, waktu penerbangan untuk rute ini pun sudah mulai jelas. Menurut pihak Wings Air, pesawat akan berangkat dari Bandara Internasional Juanda pada pukul 11.00 WIB dan tiba di Bandara Notohadinegoro, Jember pada pukul 11.50 WIB. “Sementara, untuk rute sebaliknya, pesawat akan berangkat dari Jember pada pukul 12.15 WIB,” sambung Isman.
“Jadwal ini tidak akan mengganggu penerbangan yang dilakukan oleh Garuda Indonesia, karena pesawat tersebut berangkat dari Surabaya pada pukul 08.50 WIB dan tiba di Jember pada pukul 09.45 WIB, serta kembali lagi ke Surabaya pada pukul 10.20 WIB,” imbuh Isman. “Wings Air sendiri akan menggunakan pesawat jenis ATR 72 untuk melayani rute ini.”
Sementara, untuk harga tiket pesawat Surabaya-Jember, Isman mengaku tidak mengetahui harganya secara pasti. Tetapi, jika melihat dari lapak online penjualan tiket, pemesanan pesawat Wings Air untuk rute Surabaya-Jember pada tanggal 1 Agustus 2017 dipatok  dengan harga Rp403.000, sedangkan tiket untuk rute sebaliknya di hari yang sama ditetapkan Rp326.000.

Sebelum memutuskan terbang ke Jember, Wings Air sudah terlebih dulu berencana melakukan penerbangan yang menghubungkan Sumenep dengan Surabaya. Bahkan, untuk kesiapan penerbangan tersebut, pihak maskapai pada hari Senin (17/7) kemarin melakukan survei ke Bandara Trunojoyo Sumenep untuk melihat kelayakan bandara yang bakal didarati pesawat jenis ATR 72.