Senin, 03 Juli 2017

Arus Balik Lebaran, Ratusan Pesawat Alami Delay di Bandara Juanda

SURABAYA - Pada masa arus balik Lebaran tahun ini, ratusan pesawat di Bandara Internasional Juanda justru mengalami keterlambatan penerbangan atau delay. Akibatnya, ruang tunggu di bandara yang terletak di Sidoarjo tersebut tampak penuh oleh calon penumpang.

“Sebagai langkah antisipasi, PT Angkasa Pura I Juanda selaku pengelola bandara telah membuka seluruh ruang tunggu yang tersedia,” jelas General Manager PT Angkasa Pura I Juanda, Yuwono. “Kami juga memanfaatkan Gate 11 dan 12 yang biasa untuk umrah difungsikan sebagai ruang tunggu penumpang arus balik.”
Berdasarkan data yang terekam di Posko Lebaran Terpadu Bandara Juanda pada H+6 kemarin, dari 445 pesawat yang tiba dan berangkat, baik penerbangan domestik maupun internasional, sebanyak 268 pesawat terbang seusai jadwal. Sementara, ada 70 penerbangan yang delay hingga 30 menit, kemudian 61 pesawat mengalami keterlambatan 60 menit, dan sebanyak 47 pesawat delay lebih dari satu jam.
Sementara itu, sebagaimana data yang disampaikan pihak Angkasa Pura I, akumulasi penerbangan di Bandara Juanda hingga kemarin sebanyak 7.264 penerbangan. Jumlah ini menurun dibandingkan arus mudik Lebaran tahun lalu yang mencapai 7.396 penerbangan. Selain itu, jumlah penumpang hingga H+6 juga turun 0,01 persen, dari 1.019.243 penumpang pada tahun 2016 menjadi 1.019.141 penumpang di tahun ini.
Di lain sisi, seperti sudah diprediksi sebelumnya, puncak arus balik di Bandara Juanda berlangsung pada akhir pekan kemarin. Pada hari Minggu (2/7), lonjakan penumpang dan calon penumpang membeludak di terminal kedatangan maupun terminal keberangkatan. “Puncak arus balik terlihat hari ini (Minggu) karena Senin (3/7) banyak masyarakat yang kembali beraktivitas dan masuk kerja,” sambung Yuwono.

Perusahaan mencatat, ada peningkatan signifikan jumlah penumpang pada H+5 Lebaran dibandingkan tahun lalu. Pada tahun 2016, dari 204 penerbangan domestik, jumlah kedatangan penumpang sebanyak 29.911 orang. Sementara, di tahun ini, meningkat 2,11 persen atau menjadi 32.178 penumpang. Meski demikian, jumlah keberangkatan penumpang domestik justru turun 4,38 persen.