Rabu, 19 Juli 2017

22 Juli 2017, Wings Air Uji Coba Penerbangan Sumenep-Surabaya

Sumenep – Manajemen maskapai PT Wings Abadi (Wings Air) akan melakukan uji coba penerbangan menggunakan pesawat jenis ATR-72 di Bandara Trunojoyo Sumenep, Jawa Timur, pada tanggal 22 Juli 2017 mendatang. Seperti diketahui, sebelumnya Wings Air dikabarkan tertarik membuka rute penerbangan baru Sumenep-Surabaya melalui Bandara Trunojoyo ke Bandara Internasional Surabaya.

“Penerbangan percobaan akan dilakukan, jika pemerintah daerah menyelesaikan persoalan berupa masih adanya objek penghambat keselamatan penerbangan pesawat berkapasitas sekitar 70 penumpang dari dan ke Bandara Trunojoyo,” ungkap Edy Guritno, Ground Operations Manager Wilayah Barat Wings Air di Sumenep, Senin (17/7), seperti dilansir Berita Satu.
Pihak Wings Air sendiri telah melakukan survei kesiapan fasilitas di Bandara Trunojoyo untuk menindaklanjuti rencana pembukaan jalur penerbangan komersial rute Sumenep-Surabaya. Berdasar survei, rupanya masih ada objek pengganggu keselamatan penerbangan Wings Air, yaitu bangunan 2 lantai milik SMA PGRI Sumenep yang ada di sisi barat ujung landasan pacu (runway) Bandara Trunojoyo.
Setelah melalukan koordinasi dengan Bupati Sumenep, A Busyro Karim, masalah objek penghambat (obstacle) penerbangan itu akan dirampungkan dalam 1-2 hari ke depan oleh pemerintah daerah dengan cara membongkar gedung tersebut. “Sudah ada kesepahaman bersama dan jika itu direalisasikan sesuai komitmen awal, kami akan melakukan penerbangan percobaan atau tanpa penumpang pada akhir pekan ini (22/7),” tutur Edy.
Penerbangan percobaan ini dilakukan demi mengetahui secara pasti dan memastikan kesiapan fasilitas Bandara Trunojoyo. “Kami siap beroperasi melayani penerbangan komersial di rute Sumenep-Surabaya. Namun, memang ada beberapa hal yang harus diselesaikan. Semoga saja semuanya bisa diselesaikan dalam waktu dekat ini,” tuturnya.

Pihak pengelola Bandara Trunojoyo sendiri kini tengah melakukan berbagai persiapan untuk melayani penerbangan Wings Air tersebut. “Mumpung ada maskapai yang siap melayani penumpang di rute Sumenep-Surabaya, kami di Bandara dengan pemda harus segera menyelesaikan tugas kita masing-masing,” papar Wahyu Siswoyo, Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Selasa (18/7).