Rabu, 21 Juni 2017

Ribuan TKI Mulai Padati Terminal Kedatangan di Bandara Juanda

Surabaya – Ribuan tenaga kerja Indonesia (TKI) terpantau mulai memadati terminal kedatangan di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo. Mereka mulai mudik ke kampung halamannya sejak Selasa (20/6) pagi kemarin. Para TKI melakukan kepulangan secara bergelombang dan bahkan sejak hari Senin lalu sudah banyak TKI yang mudik dan mendarat di Bandara Juanda.

“Malam ini kami perkirakan lebih banyak lagi TKI Landing,” ujar Yusman, petugas pengawas TKI di Terminal 2 Bandara Juanda, Selasa (20/6) seperti dilansir Tribunnews. Yusman membenarkan jika kepadatan penumpang sudah terlihat di T2 sejak Senin lalu.
Pada terminal khusus penerbangan Garuda dan internasional ini sebagian besar berasal dari penerbangan internasional. Menurut PT Angkasa Pura (AP) 1 Juanda, terjadi peningkatan jumlah penumpang hingga 45% di terminal kedatangan internasional.
Berdasarkan data dari Posko Arus Mudik Bandara Juanda, jumlah kedatangan penerbangan internasional pada Selasa kemarin mencapai 4.042 penumpang. “Kebanyakan tentu TKI yang hendak mudik,” jelas Yuwono, General Manager PT AP 1 Juanda.
Jumlah penumpang tersebut lebih banyak daripada periode H-6 tahun lalu. Tahun 2016 lalu kedatangan penumpang di penerbangan internasional hanya 2.780 orang. Demikian pula dengan jumlah pesawat yang melayani penerbangan internasional, jika tahun lalu hanya 14 pesawat, maka H-6 tahun 2017 ini sebanyak 19 pesawat.
Sementara itu keberangkatan penerbangan internasional justru mengalami penurunan. Pada H-6 Lebaran 2017 terdapat 18 pesawat dengan jumlah 2.144 penumpang. Demikian pula dengan penerbangan domestik yang juga mengalami penurunan dari 32.337 menjadi 31.249 penumpang, tetapi jumlah pesawat meningkat jadi 200 penerbangan dibandingkan tahun lalu yang hanya 198 penerbangan.
Secara keseluruhan, PT Angkasa Pura I memperkirakan akan melayani sekitar 7,1 juta penumpang pada musim angkutan Lebaran 2017 di 13 bandara yang berada di bawah pengelolaannya. Prediksi ini meningkat 14 persen dari tahun lalu.

“Bandara AP I tersebar dari Jawa Tengah sampai Papua dan kami persiapkan 13 bandara. Jadi Orang yang mudik konsentrasi di Jawa khususnya Jawa tengah. Pasti ada kenaikan signifikan khususnya Bandara di Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya,” kata Direktur Utama AP I, Danang S. Baskoro.