Sabtu, 10 Juni 2017

Meski Sedang Mahal, Penjualan Tiket Pesawat di Bandara Juanda Justru Meningkat

Surabaya – Hingga pertengahan Ramadan saat ini, pemesanan tiket pesawat melalui Bandara Internasional Juanda Sidoarjo secara online mulai meningkat dan dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Penjualan tiket terpantau meningkat, terutama untuk rute-rute penerbangan favorit seperti Surabaya-Jakarta yang saat ini terpantau habis terjual untuk jadwal keberangkatan H-7 sampai H+7 Lebaran 2017.

Walaupun hampir seluruh maskapai menjual tiket mudik Lebaran dengan harga tinggi, masyarakat tetap menjadikan angkutan udara sebagai salah satu sarana transportasi pilihan untuk mudik. Hal ini terlihat dari penjualan tiket pesawat untuk rute Surabaya-Jakarta di beberapa maskapai yang telah ludes terjual.
Pemesanan tiket secara online untuk maskapai berbiaya murah seperti Lion Air, Citilink, dan Sriwijaya Air di Bandara Juanda selama 2 hari belakangan ini terpantau mengalami peningkatan. Terutama pada rute-rute penerbangan favorit sejak 7 hari menjelang dan setelah Hari Raya Idul Fitri. “Pesanan sudah penuh,” ujar Nita, staf ticketing pesawat di Bandara Juanda, Jumat (9/6), seperti dikutip dari Sindonews.
Sementara itu PT Angkasa Pura (AP) I selaku pengelola Bandara Juanda hingga kini telah menerima hampir 200 pengajuan penerbangan tambahan atau extra flight di luar jadwal reguler. “Sampai saat ini kami menerima 198 permohonan extra flight,” kata Yuwono, General Manajer PT AP I Juanda.
Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama musim mudik Lebaran 2017, PT AP I Cabang Juanda pun memastikan bahwa Bandara Juanda akan beroperasi 24 jam penuh mulai dari H-10 hingga H+15 Lebaran. Beberapa proyek pembangunan seperti pemeliharaan landasan pacu dan pembangunan kanopi di Terminal 2 pun untuk sementara dihentikan.

“Kegiatan-kegiatan tersebut (overlay runway dan pendirian kanopi) kami hentikan selama masa angkutan Lebaran. Selama masa angkutan Lebaran nanti kami juga akan melakukan pemantauan tarif batas bawah dan tarif batas atas di posko Lebaran,” tandas Yuwono.