Selasa, 06 Juni 2017

Jelang Musim Mudik, Bandara Juanda Perluas Area Parkir Kendaraan

SURABAYA - PT Angkasa Pura I berencana untuk menambah kapasitas lahan parkir di Bandara Internasional Juanda. Hal tersebut dilakukan guna meminimalkan potensi kesemrawutan parkir kendaraan bermotor, terutama ketika musim mudik Lebaran mendatang.

“Kami merencanakan untuk memindahkan area parkir sepeda motor agak ke belakang menjelang musim mudik ini,” jelas General Manager PT Angkasa Pura I Juanda, Yuwono. “Rencananya, pada minggu ini, area parkir sepeda motor akan dipindah ke area pulau dengan rumput hijau terbuka karena area ini dinilai paling ideal untuk parkir motor.”
Sementara itu, Manajer AVSEC Bandara Juanda, Sukirman, menambahkan bahwa dengan pemindahan tersebut, lokasi parkir sepeda motor yang baru malah sedikit lebih dekat dengan terminal keberangkatan. Sementara, lokasi lama area parkir sepeda motor akan digunakan sebagai lokasi parkir mobil.
“Bekas area parkir motor akan dijadikan parkir mobil yang bisa memuat sekitar 900 kendaraan,” jelas Sukirman. “Sebelumnya, area parkir mobil yang ada sekarang memiliki kapasitas 1.200 kendaraan. Dengan perluasan tersebut, maka area parkir mobil di kawasan Terminal 1 Bandara Juanda akan mampu memuat hingga lebih dari 3.000 kendaraan ketika musim mudik tiba.”
Parkir kendaraan yang tidak tertib memang menjadi perhatian serius manajemen PT Angkasa Pura I. Pengalaman Lebaran tahun lalu, saat arus mudik, area parkir di Bandara Juanda memang selalu penuh. Titik parkir yang biasanya lebih dulu penuh adalah di area parkir dekat terminal keberangkatan, terutama di depan Pos Keamanan Terpadu Bandara Juanda, disusul di sisi tengah dekat area parkir motor.

Sayangnya, selama ini ada kecenderungan saat parkir sudah penuh, tidak ada petugas yang mengarahkan calon penumpang yang hendak memarkir kendaraan mereka. Akibatnya, banyak calon penumpang atau pemilik kendaraan yang mencari dan menyusuri titik parkir kosong. Bahkan, beberapa di antaranya malah memarkir kendaraan mereka di area drop zone yang seharusnya steril dari parkir kendaraan.