Jumat, 09 Juni 2017

Jelang Mudik Lebaran, Air Asia Siapkan Extra Flight Rute Surabaya-Kuala Lumpur

Jakarta – Untuk mengakomodir tingginya kebutuhan angkutan udara pada musim mudik Lebaran 2017, maskapai Air Asia Indonesia kembali menyediakan penerbangan tambahan (extra flight). Jumlah kursi tambahan yang disediakan bahkan meningkat hingga 5 kali lipat dibandingkan periode mudik Lebaran sebelumnya.

“Ekstra flight kami untuk periode Lebaran 2017 kami siapkan kursi tambahan sebanyak 24 ribu. Meningkat hampir 5 kali lipat dari tahun lalu yang hanya 5.600 kursi,” ujar Head of Corporate Secretary and Communications AirAsia Indonesia, Baskoro Adiwiyono, seperti dilansir Liputan 6, Kamis (8/6).
Penerbangan tambahan tersebut dioperasikan untuk melayani 2 rute penerbangan, antara lain Jakarta-Yogyakarta dan Surabaya-Kuala Lumpur. Kedua rute tersebut akan beroperasi mulai 16 Juni hingga 9 Juli 2017 mendatang. Tahun lalu, penerbangan ekstra Air Asia hanya berlaku untuk rute Jakarta-Denpasar.
Walau baru dioperasikan pada pertengahan bulan Juni, Baskoro berpendapat bahwa puncak load factor Air Asia berlangsung pada saat H-7 sampai H+7 Lebaran. Pihaknya sendiri sengaja menyediakan extra flight untuk kedua rute tersebut karena tingginya permintaan masyarakat. “Dari segi permintaan sejumlah rute memang sangat tinggi. Tetapi tren untuk permintaan kedua rute itu sangat besar,” jelasnya.
Untuk memastikan pelayanan yang berkualitas terhadap penumpang, manajemen AirAsia juga akan menambah jumlah petugas di sejumlah bandara, termasuk Bandara Internasional Juanda yang menjadi rute extra flight tersebut. “Kami pastikan operasi penerbangan selama periode puncak akan lancar. Dan kepada penumpang, kami himbau pelanggan kami untuk tiba di Bandara lebih awal mengingat penumpukan penumpang saat periode lebaran lebih padat,” tutur Baskoro.

Lebih lanjut Baskoro mengatakan jika Air Asia Group akan melayani 35 rute penerbangan selama Lebaran 2017 yang mencakup 33 rute domestik dan 2 rute internasional. “Armada tambahannya kami layani dengan pesawat Airbus A320. A320 itu kapasitas 180 kursi kelas ekonomi semua. Airbus A330 itu 377 kursi termasuk 12 kursi premium flight bed,” katanya.