Minggu, 18 Juni 2017

H-8, Pemudik di Bandara Juanda Mencapai 15 Ribu Orang

Sidoarjo – Menginjak H-8 Lebaran, sejumlah bandara termasuk Bandara Internasional Juanda Surabaya mulai dipadati penumpang yang hendak mudik lebih awal pada Sabtu (17/6) kemarin. Beberapa pemudik memang sengaja pulang kampung lebih awal untuk mengantisipasi antrean penumpang dan mahalnya harga tiket pesawat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Dari sejumlah rute penerbangan yang ada, terpantau peningkatan jumlah pemudik untuk beberapa tujuan utama seperti Jakarta, Balikpapan, hingga Makassar. Menurut data dari PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda, sejak Sabtu pukul 04.00 dini hari hingga pukul 10.00 WIB jumlah pemudik yang berangkat dari Bandara Juanda jumlahnya sekitar 15 ribu orang, atau naik 20% dari hari sebelumnya.
Salah seorang penumpang bernama Widodo mengaku sengaja berangkat lebih awal untuk menghindari kepadatan di bandara. Selain itu, memesan tiket pesawat di luar puncak arus mudik menurutnya lebih menguntungkan lantaran ia memperoleh harga lebih murah. “(Kalau) sekarang tiketnya masih murah,” ucapnya seperti dilansir Okezone.
PT AP I sendiri memperkirakan bahwa puncak arus mudik Lebaran di Bandara Juanda berlangsung mulai H-2 sampai H-1 mendatang. Pada momen mudik Lebaran ini setidaknya ada 7 maskapai yang mengajukan penerbangan tambahan (extra flight), antara lain Lion Air, Wings Air, Batik Air, Citilink, Sriwijaya, Nam Air, dan Air Asia.
“Tujuh maskapai yang mengajukan tambahan jadwal penerbangan ini memilih rute favorit yakni tujuan Jakarta, Bali, Balikpapan, Lombok, dan Banjarmasin,” ungkap Febrian P, Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Juanda, Sabtu (17/6).
Sedangkan untuk penerbangan internasional diajukan oleh 3 maskapai, antara lain Air Asia, Cathay Pacific, dan Jet Star untuk tujuan Kuala Lumpur, Hong Kong, dan Singapura. “Total pengajuan extra flight ada 558 penerbangan untuk domestik dan 29 penerbangan untuk internasional total domestik dan internasional ada 587 extra flight,” jelas Febrian.
Pihak AP I juga menyiapkan Posko Lebaran 2017 untuk membantu para penumpang memperoleh informasi tentang jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat di Terminal Bandara Juanda. Setidaknya terdapat sekitar 943 personel yang ditugaskan untuk mengamankan Bandara Juanda selama arus mudik dan balik Lebaran.