Jumat, 23 Juni 2017

Didominasi TKI, Penumpang di Bandara Juanda Diprediksi Mencapai 73 Ribu

Sidoarjo – PT Angkasa Pura (AP) Cabang Juanda memprediksi jumlah penumpang saat puncak arus mudik, tepatnya H-2 sebelum Lebaran 2017 akan mencapai 73 ribu orang. Menurut General Manager PT Angkasa Pura (AP) I Juanda, Yuwono, jumlah penumpang tersebut lebih tinggi dibandingkan periode tahun 2016 lalu yang hanya 67 ribu orang.

Yuwono menjelaskan jika beberapa hari belakangan jumlah kedatangan internasional mengalami kenaikan dan didominasi oleh tenaga kerja Indonesia (TKI) yang pulang ke kampung halamannya. “Banyak TKI yang mudik lebaran pulang kampung ke tempat masing-masing sehingga terminal kedatangan internasional cenderung lebih padat dari biasanya,” jelas Yuwono, seperti dilansir Republika.
Sebagai informasi, berdasarkan data dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, pada H-4 Lebaran 2017 ada 2.400 TKI asal Jawa Timur yang kembali ke Indonesia. Sementara itu sekitar 400 orang di antaranya telah menyelesaikan kontrak kerja, dan 2.000 sisanya adalah TKI yang mengambil cuti untuk mudik.
“Kami memprediksi sampai dengan hari H lebaran bisa tembus sampai dengan 3.000 orang TKI yang pulang ke Indonesia,” tutur Kepala Dinas dan Transmigrasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Setiajit.
Pada H-4 Lebaran jumlah penumpang meningkat sebanyak 404.538 orang dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, yakni 398.383 penumpang. “Kondisi ini berbeda dengan jumlah pesawat terbang yang justru mengalami penurunan dari 3.013 pesawat di tahun 2016 turun menjadi 2.929 pesawat di tahun 2017,” papar Yuwono.

Sementara itu, secara umum pihaknya berpendapat bahwa pelaksanaan angkutan pada musim mudik Hari Raya Idul Fitri di Bandara Internasional Juanda Surabaya sejauh ini berjalan cukup lancar. “Kami sudah lakukan sejak jauh-jauh hari supaya pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan dengan lancar dan para penumpang ini bisa mudik ke kampung halamannya dengan nyaman dan aman,” ucapnya.