Jumat, 02 Juni 2017

Citilink & Lion Air Tambah Penerbangan Rute Batam-Surabaya untuk Mudik Lebaran

Batam – Untuk mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang pada masa angkutan mudik Lebaran 2017, maskapai Lion Air dan Citilink telah mengajukan penerbangan tambahan dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam ke berbagai kota, antara lain ke Surabaya, Padang, Pekanbaru, hingga Yogyakarta.

Menurut General Manajer Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso, Lion Air mengajukan penerbangan tambahan ke 4 tujuan. “Sebelumnya Citilink juga sudah terlebih dahulu mengajukan tambahan penerbangan,” kata Suwarso, Selasa (30/5).
Penerbangan tambahan Lion Air beroperasi mulai 15 Juni – 10 Juli dengan rute dari Bandara Hang Nadim Batam ke Bandara Juanda Surabaya sebanyak 2 kali sehari, Batam-Padang 2 kali sehari, Batam-Pekanbaru 1 kali sehari, dan Batam-Yogyakarta 1 kali sehari.
Sementara itu Citilink mengajukan penerbangan tambahan untuk jadwal tanggal 22, 23, 24, 30 Juni dan 1-2 Juli 2017 untuk rute Batam ke Kualanamu Medan, Batam-Padang, Batam-Palembang, dan Batam-Surabaya masing-masing 1 kali sehari. “Rute-rute tersebut yang permintaan tiketnya tinggi. Sehingga ada penambahan penerbangan agar semua pemudik bisa dilayani,” papar Suwarso.
Sedangkan untuk maskapai lainnya, Suwarso menuturkan bahwa pihaknya masih menanti pengajuan extra flight dari maskapai yang bersangkutan. Terkait dengan angkutan Lebaran 2017, Direktur Jenderal Perhubungan Udara mengeluarkan surat No.AU.007/1/15/DRJU.DAU-2017 tanggal 9 Mei 2017 yang meminta pihak pengelola bandara, termasuk Bandara Juanda dan Bandara Hang Nadim untuk melakukan pemantauan arus mudik mulai 15 Juni – 11 Juli 2017.

“Kami diminta melakukan pemantauan dari H-10 hingga H+15. Sehingga semua pihak termasuk maskapai harus benar-benar menyiapkan armadanya untuk melayani mudik,” tandas Suwarso.