Kamis, 29 Juni 2017

Arus Balik di Bandara Juanda Diprediksi Berlangsung Akhir Pekan Ini

Jakarta – Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Sekjen Kemenhub) Sugihardjo, jumlah penumpang pesawat pada musim angkutan mudik Lebaran tahun 2017 ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu, bahkan lonjakannya melebihi prediksi pemerintah.

“Kenaikan presentasi angkutan udara mencapai 11,57 persen atau melampaui prediksi yakni sebesar 9,75 persen,” kata Sugihardjo, Selasa (27/6), seperti dilansir Kabar.
Kemenhub melaporkan bahwa sejak H-10 hingga H+2 Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah jumlah pemudik melalui jalur udara meningkat hampir 2% dari prediksi sebelumnya. “Jika awalnya pemerintah memprediksikan jumlah penumpang pesawat pada mudik 2017 sebanyak 5.400.000 orang, maka sampai dengan H+2 Lebaran, jumlah penumpang yang terangkut 5.466.930 orang,” paparnya.
Lebih lanjut Sugihardjo menjelaskan jika tingginya minat masyarakat menggunakan pesawat untuk mudik bisa dipengaruhi oleh 3 faktor, antara lain meningkatnya daya beli masyarakat, ada beberapa daerah yang sudah terjangkau pesawat, dan jadwal penerbangan tambahan (extra flight).
“Jika awalnya pemerintah memprediksikan jumlah penumpang pesawat pada mudik 2017 sebanyak 5.400.000 orang, maka sampai dengan H+2 Lebaran, jumlah penumpang yang terangkut 5.466.930 orang,” tuturnya.
Selain itu, tahun ini terdapat 14 maskapai dengan 532 pesawat yang tersedia untuk mudik lebaran. Belum lagi karena sejumlah bandara besar menambah jam operasionalnya menjadi 24 jam hingga pukul 00.00. “Yang beroperasi 24 jam seperti Jakarta baik Halim dan Soetta, Kemudian Juanda Surabaya, Denpasar, Makassar, sampai Kualanamu. Yang lain sampai jam 24 seperti Solo, Yogyakarta itu sampai jam 24,” ucap Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso.
Di Bandara Internasional Juanda Surabaya sendiri hingga Selasa (27/6) lalu sudah terlihat kepadatan penumpang untuk arus balik Lebaran. Ratusan calon penumpang memutuskan untuk kembali lebih awal agar dapat terhindar dari kepadatan penumpang.

Sejumlah tiket untuk rute penerbangan tujuan Jakarta dan Makassar telah habis terjual sampai hari Sabtu (1/7) mendatang. PT Angkasa Pura (AP) I mengantisipasi lonjakan arus balik dengan menyediakan sekitar 20 penerbangan tambahan (extra flight) setiap harinya sejak Senin (26/6) lalu. Puncak arus balik diprediksi berlangsung pada akhir pekan ini.