Senin, 15 Mei 2017

Tiga Maskapai Ajukan Extra Flight dari Yogyakarta ke Bandara Juanda

YOGYAKARTA - Tiga maskapai penerbangan secara resmi telah mengajukan jadwal penerbangan tambahan atau ekstra flight dari Yogyakarta untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada musim libur Lebaran mendatang. Rute-rute yang diajukan tiga maskapai tersebut salah satunya menuju Surabaya atau Bandara Internasional Juanda karena termasuk rute padat penumpang.
Dikatakan General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisucipto, Agus Pandu Purnama, ketiga maskapai yang telah mengajukan jadwal penerbangan tambahan adalah Citilink, Sriwijaya Air, dan Lion Air. Selain ke Surabaya, jadwal penerbangan tambahan juga diajukan untuk rute menuju Jakarta, karena juga sering diserbu penumpang.
“Meski Lebaran masih sekitar 1,5 bulan lagi, namun kami sudah membuka pendaftaran untuk penambahan jadwal penerbangan bagi maskapai yang ingin melakukannya,” jelas Agus. “Dibandingkan Lebaran tahun lalu, kemungkinan slot time yang tersedia pada Lebaran tahun ini akan lebih banyak dan kami akan mengurai jam sibuk, yaitu jam 07.00 WIB hingga jam 13.00 WIB.”
Ditambahkan Agus, untuk Lebaran tahun ini, pihaknya memberikan kesempatan untuk lima penerbangan alias 10 slot time penerbangan datang dan pergi. Sementara, pada Lebaran tahun lalu, jumlah slot time yang tersedia hanya tiga penerbangan atau enam slot time. “Penambahan ini karena kami memperkirakan jumlah penumpang mudik Lebaran tahun ini bakal meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu,” sambung Agus.
Sementara itu, sebelumnya General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Juanda, Yuwono, juga sempat menyampaikan bahwa pihaknya sudah menerima pengajuan extra flight dari beberapa maskapai untuk angkutan Lebaran nanti. Hingga saat ini, ada lima maskapai yang telah memajukan rute penerbangan baru. “Untuk data selengkapnya, nanti akan kami sampaikan pada kesempatan berikutnya,” kata Yuwono.