Sabtu, 06 Mei 2017

PT AP I Gelar Pelatihan Darurat Penerbangan di Bandara Juanda

Surabaya – PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda giat menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kinerja dari sumber daya manusia yang melayani operasional penerbangan di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Surabaya. Pada Kamis (4/5) lalu diisi dengan kegiatan Pelatihan Hot Drill Darurat Penerbangan.

Pelatihan Hot Drill Darurat Penerbangan diselenggarakan sekitar pukul 10.00 WIB di dekat kolam penampungan air (water pond). Acara tersebut diikuti oleh 90 personel Pertolongan Kecelakaan Penerbangan – Pemadam Kebakaran (PKP-PK atau Tim Fire Fighting) dan Aviation Security (Avsec) Bandara Internasional Juanda.
Para personel Avsec dan tim Fire Fighting tampak sibuk menjalani simulasi berbagai insiden yang kemungkinan terjadi di dalam bandara. “Ini simulasi penanganan dalam rangkaian Pelatihan Hot Drill Darurat Penerbangan. Tujuan dari pelatihan Hot Drill ini untuk tolak ukur sistem keselamatan dalam penanggulangan keadaan darurat Penerbangan di Bandara Internasional Juanda dan melatih sistem komando, komunikasi dalam menghadapi Keadaan Darurat Penerbangan dan Gangguan Keamanan di Bandara Juanda Surabaya,”jelas Yuwono, General Manajer PT Angkasa Pura (AP) Cabang Juanda.
Kegiatan semacam ini sendiri memang sudah dilakukan secara rutin oleh PT AP I Juanda untuk melatih para personelnya. “Pelatihan Hot Drill ini dilaksanakan setahun dua kali, hal ini dalam rangka melatih personel Fire Fighting dan Airport Security dalam menghadapi keadaan darurat di Bandara Juanda,” tandasnya.
Di samping itu Yuwono menambahkan, bahwa dengan adanya pelatihan ini dapat sekaligus menguji fungsi alat dan fasilitas Aircraft Rescue and Fire Fighting (ARFF) Section di Bandara Juanda yang sekaligus menjadi kawasan vital di sana.