Rabu, 24 Mei 2017

Pemkot Targetkan Akses Jalan ke Bandara Juanda Rampung Tahun 2017

Surabaya – Tahun 2017 ini Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan fokus untuk membangun infrastruktur. Sekitar 6 proyek infrastruktur jalan kini tengah berada pada tahap pengerjaan fisik, antara lain Jalan Simpang Dukuh, Jalan Arief Rahman Hakim, Jalan Wiyung, Jalan Kedung Baruk, Jalan Gunung Anyar, dan Frontage Road Ahmad Yani sisi barat.

“6 jalan itu Insya Allah tahun ini selesai pengerjaannya karena semua proses pembebasan maupun ganti rugi sudah dilakukan, tinggal bayar. Bahkan beberapa sudah selesai proses lelang,” jelas Erna Purnawati, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya, Selasa (23/5).
Menurut Erna, Simpang Dukuh kini telah masuk tahap lelang dan tinggal menanti proses pengerjaannya. Pihak Pemkot Surabaya masih harus membebaskan 22 persil, sedangkan 5 di antaranya melalui proses konsinyasi di Pengadilan Negeri Surabaya. “Semua sudah dibayar, ada 22 persil yang konsinyasi 5 persil,” papar Erna.
Jika seluruh bangunan selesai dibongkar, Jalan Simpang Dukuh kelak memiliki lebar jalan 8 meter yang terdiri dari 6 meter jalan dan 2 meter pedestrian. Sementara itu Jalan Gunung Anyar atau terusan proyek MERR yang belum akan segera dirampungkan tahun ini sepanjang 1,8 km dan terhubung dengan jembatan yang menuju ke arah Bandara Juanda. “Dari 230 persil yang belum 35 persik. Pembebasan sudah, untuk fisiknya pusat yang mengerjakan,” ungkap Erna.
Walaupun 6 proyek infrastruktur jalan di antaranya dilakukan dengan cara ganti rugi lewat PN Surabaya, kini ada 37 persil yang dikonsinyasi sebesar lebih dari Rp 32,2 miliar. “Yang konsinyasi rata-rata sudah sidang tinggal aanmaning atau peringatan dari PN Surabaya yang selanjutnya penertiban,” tuturnya.

Dua ruas utama yang tengah dikebut pengerjaannya adalah MERR dan sisa frontage road sisi barat. “Untuk jalan MERR, kami bertekad menyelesaikan tahun ini juga. Biar segera nyambung dengan akses ke Bandara Juanda,” tandas Agus Imam Sonhaji, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya.