Selasa, 30 Mei 2017

Mudik Lebaran, Penerbangan Tujuan Surabaya Paling Diminati

YOGYAKARTA – Untuk Lebaran tahun 2017 ini, penerbangan dari Yogyakarta menuju Surabaya (Bandara Internasional Juanda) dan Jakarta menjadi rute yang paling diminati. Karena itu, pihak Bandara Adisutjipto pun menambah jadwal penerbangan menjadi lima slot untuk mengantisipasi lonjakan penumpang ketika mudik Lebaran mendatang.

“Tambahan penerbangan selama masa mudik Lebaran hanya dimungkinkan sebanyak lima penerbangan,” jelas General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama. “Penambahan rute tersebut umumnya memang diisi oleh penerbangan dari Jakarta dan beberepa menuju Surabaya. Karena, pemudik menjadikan Jakarta sebagai titik singgah dari penerbangan awal sebelum menuju Yogyakarta atau area Jawa Tengah lainnya.”
Sejumlah maskapai yang telah menunjukkan minat untuk mengisi slot penerbangan tambahan tersebut di antaranya Citilink, Sriwijaya Air, dan Lion Air. Namun, pengajuan extra flight dari ketiga maskapai tersebut belum deal dan masih melihat kondisi terlebih dulu. “Secara total, kami menyediakan hingga 10 slot extra flight pulang-pergi sampai pasca-mudik Lebaran,” sambung Agus.
“Meski Lebaran masih sekitar 1,5 bulan lagi, namun kami sudah membuka pendaftaran untuk penambahan jadwal penerbangan bagi maskapai yang ingin melakukannya,” tambah Agus. “Dibandingkan Lebaran tahun lalu, kemungkinan slot time yang tersedia pada Lebaran tahun ini akan lebih banyak dan kami akan mengurai jam sibuk, yaitu jam 07.00 WIB hingga jam 13.00 WIB.”

Sebelumnya, wacana penambahan slot penerbangan jelang Lebaran 2017 sempat dilontarkan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dalam kunjungannya ke Bandara Adisutjipto. Bandara tersebut diharapkan bisa menambah jam operasional hingga pukul 24.00 WIB selama musim mudik Lebaran, dari sebelumnya hanya sampai pukul 21.00 WIB.